BeritaKesehatanPeristiwaRegionalUmum

Pemerintah Diminta Cari Solusi Atasi Polusi Udara Jakarta

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo menyoroti polusi udara di Jakarta yang mulai menimbulkan keresahan di masyarakat. Rahmad pun mendorong pemerintah menyiapkan solusi jangka pendek, seperti imbauan penggunaan masker terutama bagi anak.

“Misalnya sarankan penggunaan masker saat di luar ruangan, khususnya pada anak-anak terutama saat ada di dekat sumber polusi seperti di jalan-jalan raya. Ini untuk mengatasi risiko dampak dari kondisi udara buruk dan polusi,” kata Rahmad, Rabu (21/06/2023).

BACA JUGA: Prabowo dan Gibran Terlihat Akrab di Tengah Pertandingan Timnas Indonesia

“Sekarang banyak ibu-ibu mengeluhkan anak sering batuk dan pilek, atau anak-anak yang lama sembuh dari flu. Belum lagi laporan banyaknya anak yang terserang ISPA. Penggunaan masker bisa membantu mengurangi anak terserang penyakit,” tambah Legislator dari Dapil Jawa Tengah V itu.

Karena itu, ia mendorong pemerintah menggencarkan edukasi terkait penyakit gangguan pernapasan seperti ISPA dan Bronkopneumonia pada anak. Hal itu dikarenakan kualitas udara yang semakin memburuk, khususnya di DKI Jakarta.

“Pemerintah perlu segera memberikan edukasi dan sosialisasi agar tidak terjadi missleading yang membangun persepsi salah di kalangan masyarakat terkait penyakit ISPA, Bronkopneumonia dan berbagai jenis gangguan napas lainnya,” kata Rahmad.

BACA JUGA: Usai Laga Timnas, Jokowi Bilang Cerah Ke Prabowo, Ada Apa?

Ia berpandangan pengunaan masker wajah merupakan hal yang wajib digunakan saat pandemi COVID-19. Meski kini pandemi sudah mereda, Rahmad menilai seharusnya masyarakat tetap menggunakan masker wajah, terutama bagi yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Ini perlu dilakukan untuk melindungi saluran pernapasan dari polusi udara Jakarta yang akhir-akhir kembali mengalami peningkatan, khususnya untuk anak-anak. Selain itu, saya juga mendorong Pemerintah memperbanyak kembali posko-posko uji emisi bagi kendaraan. Karena salah satu penyebab polusi itu berasal dari asap kendaraan,” lanjutnya.

Politikus PDIP itu juga menyoroti program insentif kendaraan listrik yang digagas pemerintah yang belum bisa diserap masyarakat. Menurutnya, pemerintah harus lebih fokus dalam program jangka pendek dalam menekan polusi udara.

BACA JUGA: Jokowi dan Prabowo Makan Siang Bersama di Istana Bogor, Pengamat: Jokowi Siapkan Tongkat Estafet Kepemimpinan ke Prabowo

“Penggunaan kendaraan listrik itu solusi jangka panjang, jangan diharapkan bisa memberikan dampak signifikan terhadap kualitas udara saat ini. Perbanyak tindakan preventif yang dapat langsung dirasakan masyarakat,” tutur Rahmad.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close