BeritaInternasionalPeristiwa

Inilah Bentuk Asli Makam Nabi Muhammad

BIMATA.ID, Madinah –  Makam Nabi Muhammad SAW di kompleks Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi tak pernah sepi dari peziarah. Banyak jemaah umrah maupun haji selalu menyempatkan diri mampir mengunjungi makam Rasulullah.

Nabi Muhammad diketahui dimakamkan di sebuah kamar yang dulunya ditempati istrinya, Aisyah. Di situlah selama sakit hingga wafat, Rasulullah tinggal, dikutip dari Hajj & Umrah Planer.

Sementara kamar tempat Rasulullah wafat memiliki luas 3×3 meter. Rasulullah dikuburkan sesuai ajaran Islam, yakni dimiringkan bersandar di bagian kanan tubuh dengan wajah menghadap kiblat.

Kini tempat tersebut dinamai Kamar Suci. Rasulullah dimakamkan bersama dengan dua sahabatnya yang paling setia dan dua khalifah pertama Islam, Abu Bakar as-Siddiq dan Umar bin Khattab.

Makam Nabi Muhammad terletak di ujung selatan Masjid Nabawi. Para peziarah biasanya menuju ke sana melalui Gerbang Raja Fahd dari utara kemudian menuju ke ujung selatan dan berbelok ke timur.

Dari timur, lokasinya tak jauh dari Gerbang Baqi. Sementara jika peziarah datang dari arah barat, mereka bisa melalui Gerbang Babussalam.

Di lokasi makam, ada gerbang besar dengan dua pintu berwarna hijau dengan ornamen keemasan. Di depan gerbang itu banyak peziarah menghadap untuk menyampaikan salam.

Bentuk makam Nabi Muhammad sejatinya bisa dilihat di Museum Dar Al di Kompleks Kota Pengetahuan dan Industri Madinah. Museum ini didirikan mantan pengajar Universitas Taibah Madinah, Abdulaziz Kaki.

Museum ini penuh berisi miniatur-miniatur yang menunjukkan perkembangan bangunan-bangunan bersejarah dalam Islam di Madinah, termasuk Masjid Nabawi dan Makam Nabi.

Adapun makam Nabi Muhammad dan dua sahabatnya, yakni Abu Bakar as-Siddiq dan Umar bin Khattab sebagaimana tampak pada miniatur di museum Dar Al terlihat sangat sederhana. Ketiga makam itu juga hanya bernisankan batu.

Makam Nabi Muhammad berada paling kanan. Sementara makam Abu Bakar as-Siddiq di tengah, dan yang paling kiri adalah kuburan Umar bin Khattab

 

YA

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close