BeritaHeadlineHukum

Polri-TNI AL Sepakat Tingkatkan Sinergitas Keamanan di Perairan Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyambangi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono di Markas Besar (Mabes) TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/03/2021).

Dalam pertemuan itu, keduanya sepakat untuk meningkatkan sinergitas soal keamanan dan penegakan hukum di perairan Indonesia. Penguatan ini dilakukan di satuan jajaran Polri dan TNI AL.

“Sinergitas kerja sama di operasi utamanya marinir dan Brimob, Lantamal dengan Polair,” ucapnya, Senin (22/03/2021).

Selanjutnya, Kapolri dan KSAL juga mendiskusikan soal maraknya kejahatan tindak pidana narkoba yang diselundupkan melalui jalur laut atau perairan. Modus pelaku kejahatan untuk mengelabui petugas beragam, misalnya menyimpan barang haram tersebut dengan dibungkus kemasan teh.

Mantan Kabareskrim Polri ini menekankan, dalam penanganan kasus kejahatan di perairan perlu adanya penguatan sinergitas di tingkat bawah hingga atas. Mengingat banyak jalur perairan dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan.

Oleh sebab itu, Jenderal Sigit menyebut, perlu adanya pembahasan soal dilakukannya pelatihan bersama antara personel Polri dan TNI AL dalam mengamankan perairan Indonesia.

“Bagaimana ada kegiatan pelatihan bersama, ada integrasi di tingkat pelaksana. Minimal pernah ada pelatihan bersama,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono berpandangan, perlunya meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri dalam memberantas kejahatan.

“Kerja sama sinergitas AL dengan polisi terutama Polair. Kewenangan yang bukan milik AL diserahkan ke Polisi. Hal seperti ini dikembangkan dan di tingkatkan dalam sinergitas,” ungkapnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close