BeritaKesehatanNasional

Resmi, Perkumpulan Perawat Pembaharuan Indonesia Telah Dideklarasikan

BIMATA.ID JAKARTA Jumat (8/3/2024) menjadi salah satu tanggal penting bagi perkembangan dunia keperawatan di Indonesia. Pada tanggal itu PPPI yang merupakan singkatan dari Perkumpulan Perawat Pembaharuan Indonesia resmi dideklarasikan. Perwakilan Daerah PPPI juga turut hadir di Kantor Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Ruang Naranta, Jakarta.

Dewan Pengurus Nasional PPPI (Foto:dok BIMATA)

Dr.Yuli Farianti,M.epid Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia mewakili Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membacakan pesannya,

“Saya mengucapkan selamat kepada Ketua Umum PPPI dan jajaran atas terselenggaranya acara ini, dengan terlaksananya acara ini diharapkan dapat menjembatani siaturahmi, koordinasi program dan kebijakan dalam konsolidasi program kerja baik internal PPPI maupun yang berhubungan dengan stake holder lainnya. Kemudian hari ini kita berkumpul bersama untuk satu momen yang penuh dengan makna dalam pengembangan dunia kesehatan . Dewasa ini perubahan itu sangat dinamis, dunia kesehatan dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, seiring dengan itu kita dihadapkan pada tantangan baru yaitu untuk satu kesatuan yang kuat untuk menjalankan visi misi yang sama”.

Dengan perkumpulan ini, sebagaimana kita dapat berkolaborasi dengan baik, terlebih jumlah tenaga nakes khususnya perawat paling banyak, oleh karena itu perawat menjadi bagian yang utama dalam pelayanan kesehatan, mulai dari tingkatan posyandu, puskesmas hingga rumah sakit.

“Dengan transformasi khususnya dibagian SDM diperlukan kompetensi dalam meningkatkan pelayanan, oleh karena itu dengan adanya PPPI diharapkan dapat mendorong kompetensi perawat yang handal. Dan diharapkan PPPI dapat menjalankan semua kebijakan atau regulasi kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan”, tutup Yuli menyampaikan arahan Menkes Budi.

“Atas Kuasa Allah SWT dideklarasikan Perkumpulan Perawat Pembaharuan Indonesia atau PPPI yang bersifat kebangsaan, demokrasi dan terbuka semoga Tuhan Yang Maha Esa mengabulkan dan meridhoi cita-cita kami” jelas Ketum Dr H Jamaludin, S.Kp.M.Kep saat membacakan deklarasi.

“Tujuan dari deklarasi PPPI hari ini, untuk menyejahterakan perawat pada umumnya dan membantu bersinergi dengan kebijakan pemerintah dan masyarakat, sesuai arahan Menkes untuk menjembatani kebijakan pemerintah kebawah dengan SDM khususnya perawat”, kata Jamaludin

Dikesempatan yang sama Sekjen PPPI, Sukendar SKM .SH.MH.kes menjelaskan, saat ini anggota kami 167 orang dari 20 DPD provinsi, dan target terdekat kami hingga 38 DPD.

PPPI mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikann kemudahan, misalnya dahulu STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktek) berbayar, kini Gratis.

PPPI menyadari, bahwa tenaga nakes terbanyak adalah perawat, sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan, untuk itu perawat harus dijaga kwalitas nya dengan standar keprofesionalan.

“PPPI akan mencoba meningkatkan mutu perawat dengan cara memberi pendidikan terus menerus, sehingga mutu terus dapat ditingkatkan”, tutup Sukendar.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close