BeritaHeadlineInternasionalNasionalPeristiwa

Prabowo dan Menhan Prancis Bahas Program Pelatihan Pilot TNI AU

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto dan Menhan Prancis Sebastien Lecornu bertemu membahas program pelatihan bagi pilot TNI Angkatan Udara (AU) yang akan mengawaki jet tempur Dasaault Rafale.

Prabowo mengatakan, pelatihan itu penting untuk memperkokoh kekuatan tempur TNI AU dengan kehadiran Rafale.

“Sehingga, para pilot TNI AU harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengawaki jet tempur generasi 4,5 asal Prancis tersebut,” kata Prabowo di Hotel de Brienne, Paris, Prancis, Kamis (15/12/2022).

Prabowo melakukan kunjungan balasan setelah sebelumnya Lecornu mengunjungi Kementerian Pertahanan (Kemenhan)  di Jakarta November 2022 lalu.

Selain kerja sama di bidang alat utama sistem persenjataan (alutsista), Indonesia dan Prancis juga berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di bidang pelatihan dan pendidikan bagi taruna.

Menurutnya, Indonesia akan membeli alutsista multirole combat aircraft dengan mengakuisisi 42 unit Rafale, dan tahap pertama sebanyak enam unit.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, Mabesau mengirimkan enam penerbang untuk menjalani latihan guna mengawaki Rafale.

“Sudah kami kirim enam penerbang dan delapan orang teknisi ke Prancis untuk menjalani latihan,” kata Fadjar di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (08/11/2022).

Fadjar men, para penerbang dan teknisi itu akan menjalani pendidikan dan latihan di Prancis selama tiga bulan. “Ini tidak lama, hanya tiga bulan,” ujarnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close