BeritaEkonomiInternasionalNasionalPeristiwaRegional

New Balance Akan Buat Pabrik Baru di Indonesia

BIMATA.ID, JAKARTA – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menanggapi wacana pembangunan pabrik baru oleh New Balance (NB) di Indonesia.

Diketahui, New Balance merupakan merek pakaian, dan sepatu asal Amerika Serikat (AS), sehingga disebut – sebut akan ekspansi mendirikan pabrik baru di Cirebon, Jawa Barat (Jabar).

Namun, belum diketahui besaran investasi yang akan digelontorkan perusahaan asal negeri paman sam tersebut untuk membangun pabrik baru.

Baca juga: Pindah Dukungan Politik, Ratusan Simpatisan Jokowi Deklarasikan Dukung Prabowo Presiden 2024

Akan tetapi, kehadiran pabrik ini diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar Jabar, Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim), terutama khususnya di wilayah Cirebon, dan Majalengka.

Vice President Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, Ratih Darmawan Gianda mengatakan, MAP Group masih memegang hak eksklusif sebagai satu-satunya distributor merek New Balance di Indonesia.

Diinformasikan, rencana New Balance untuk ekspansi mendirikan pabrik baru di Cirebon pun tidak akan mempengaruhi kelangsungan bisnis MAPI pada masa mendatang.

Lihat juga: Prabowo dan Erick Semakin Mesra Duduk Sejajar Temani Presiden Jokowi Nonton Timnas vs Argentina

“Selama kami masih memegang hak sebagai partner eksklusif, itu tidak masalah. Karena eksklusif, siapapun yang mau jual produk New Balance harus lewat MAP Group,” ujar Ratih Darmawan Gianda ketika pada saat ditemui usai paparan publik, pada Selasa (20/06/2023).

Selain itu, MAPI juga belum dapat memastikan apakah pabrik baru New Balance otomatis akan memasok produk pakaian, dan sepatu untuk perusahaan tersebut atau tidak.

Sebab, mengingat setiap produk yang didistribusikan oleh MAPI harus melalui uji kontrol kualitas yang ketat tanpa memandang tempat asal produk tersebut dibuat.

Simak juga: Setelah Boyong Jet Tempur Mirage 2000-5, Menhan Prabowo Bidik Jet Tempur Mirage 200009 UEA

“Ada aturan bahwa mereka New Balance harus ikuti quality control yang telah ditentukan,” tandasnya.

Untuk diketahui, sejauh ini MAP Group memiliki lebih dari 150 merek eksklusif baik ritel maupun distribusi. Misalnya, Planet Sports Asia, Sport Station, Foot Locker, Converse, Skechers, Reebok, New Balance, Kidz Station, Zara, Pull and Bear, Marks & Spencer, Mango, Digimap, Starbucks, Godiva, Subway, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Genki Sushi, dan lain-lain.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close