BeritaNasional

Setelah Boyong Jet Tempur Mirage 2000-5, Menhan Prabowo Bidik Jet Tempur Mirage 200009 UEA

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto berencana mengirim tim untuk bernegosiasi pembelian jet tempur Mirage 2000-9 Uni Emirat Arab (UEA). 

Setelah memboyong jet tempur Qatar Mirage 2000-5, Prabowo mengaku masih mengincar jenis serupa di UEA. 

“Kita berupaya mencari pesawat-pesawat sejenis ini dari negara lain. Emirate (UEA) juga punya Mirage jenisnya Mirage 2000-9,” kata Prabowo, dikutip dari tvonenews, Selasa (20/06/2023). 

Baca Juga : Menhan Prabowo Berikan Beasiswa Kepada Pemudi – Pemuda Palestina ke Unhan

Prabowo menerangkan, ketertarikannya dengan jet tempur jenis Mirage memang tidak mudah dipungkiri, sebab, dia menuturkan, jenis jet tempur tersebut teknologinya mendekati Rafale milik Perancis. Adapun, Indonesia telah menjalin kontrak dengan Prancis terkait pembelian Rafale dalam beberapa tahun ke depan.

“Ini akan segera kami kirim tim untuk negosiasi dan akan kita akuisisi (Mirage 2000-9),” jelasnya. 

Selain itu, Prabowo mengatakan pembelian jet tempur sangat mendesak untuk memperkuat pertahanan Indonesia. Menurutnya, luas wilayah Indonesia sangat besar, sehingga membutuhkan tambahan armada udara.

“Jadi, ini adalah sesuatu yang sangat mendesak karena kita harus segera punya penangkal. Sangat tidak benar negara yang sebesar kita, seluas kita, sekaya kita tidak punya pertahanan yang kuat,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close