BeritaKesehatanNasionalUmum

Krisdayanti Ajak Masyarakat Tidak Ragu Lakukan Donor Darah Menolong Sesama Manusia

BIMATA.ID, Jakarta – Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI bersama dengan Keluarga Sehat Donor Darah (KSDD) menggelar kegiatan Donor Darah di Komplek Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Duta Donor Darah Parlemen, Krisdayanti berharap agar masyarakat yang membutuhkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) bisa mendapatkannya dengan mudah dan tidak dikenakan biaya apapun.

“Saya yakin sebagian besar pendonor darah ini secara sukarela dan penuh keikhlasan mendonorkan darahnya. Sementara ketika masyarakat yang butuh darah harus membayar sekitar 300 ribuan. Sebagai anggota Komisi IX DPR yang membidangi masalah kesehatan saya berharap agar ke depan semua warga negara bisa dengan mudah mendapatkan darah, tanpa harus dikenai biaya alias gratis. Karena hak hidup dan hak sehat seluruh warga negara atau masyarakat dijamin oleh negara,” kata Krisdayanti, dilansir dari media Parlemen, Jumat (02/06/2023).

Baca Juga : Pemuda Indonesia di Qatar Antusias Sambut Prabowo, Bergantian Jabat Tangan

Kemudian dirinya mengungkapkan, bahwa biaya sebesar 300 ribuan yang dikenakan pada masyarakat yang ingin mendapatkan darah di PMI itu bukan termasuk bentuk komersil. Melainkan untuk biaya penggantian pengolahan darah (BPPD). Namun ia berharap ke depan ada anggaran atau dana tersendiri dari negara bagi PMI yang diperuntukan membiayai kegiatan tersebut. Sehingga hal tersebut tidak dibebankan kepada masyarakat.

Selain itu, Anggota Komisi IX DPR RI ini pun mengajak seluruh masyarakat untuk tidak ragu mendonorkan darahnya. Pertama, selain menjadi salah satu langkah mulia yang bisa menyelamatkan nyawa manusia, donor darah juga membawa banyak manfaat bagi pendonor itu sendiri. Dimana setelah 48 jam mendonorkan darahnya, maka sel-sel darah merah dalam tubuh pendonor akan merepair dengan baik. Sehingga menghasilkan sel-sel darah baru lagi. Dengan begitu tubuh akan terasa lebih segar, sehat dan awet muda.

Simak Juga : Survei FixPoll: Prabowo Unggul Dari Ganjar dan Anies di Jawa Timur

“Alhamdulillah dalam catatan PMI saya sudah enam kali mendonorkan darah saya di PMI. Dan tidak ada keluhan apapun setelah itu. Saya masih tetap bisa menjalankan berbagai aktivitas saya. Bahkan saya merasa lebih segar dan sehat setelah mendonorkan darah saya. Oleh karena itu saya berharap masyarakat untuk tidak ragu lagi dalam mendonorkan darahnya,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close