EkonomiBeritaFoodNasionalPeristiwaPertanianUmum

Stok Bawang Putih Habis, Satgas Pangan Dorong Pemerintah Percepat Izin Impor

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Kepala Polri Helfi Assegaf menilai persoalan harga yang mahal hari ini karena tidak adanya stok. Sebagai negara nett importir bawang putih, Satgas Pangan mendorong pemerintah segera mengeluarkan izin bawang putih.

“Mohon segera perizinan importasi agar tidak ada kenaikan . Harga tinggi harga naik kita support agar segera direalisasikan importasinya. Sebab, saat ini Indonesia sendiri belum bisa memproduksi bawang putih secara mandiri. Sangat bergantung pada impor,” ujar Helfi di Jakarta, Kamis (25/05/2023).

BACA JUGA: Gerindra Ungkap Isi Pembicaraan Pertemuan Prabowo dan Jokowi: Bahas Soal Rencana Pertahanan

Helfi menjelaskan total kebutuhan bawang putih nasional mencapai 590 ribu ton. Saat ini produksi nasional hanya 5 persen dari total kebutuhan ini.

Alasan negara tak mampu memproduksi bawang putih secara mandiri karena persoalan lahan dan juga karakteristik bawang putih yang sulit tumbuh di suhu tertentu.

“Harapannya memang kita bisa swasembada. Hanya saja, bawang putih sulit butuh suhu tertentu, tempat tertentu, ini jadi PR ahli kita,” ujar Helfi.

BACA JUGA: Publik Anggap Prabowo Figur Ideal Penerus Jokowi

Berdasarkan data Pusat Informasi yang dikeluarkan , rata-rata nasional harga bawang putih ukuran sedang mencapai Rp 38.750 per kg pada Kamis (25/5/2023).

Angka tersebut naik dibandingkan posisi bulan lalu yang mencapai Rp 33.950 per kg. Rata-rata harga bawang putih ukuran sedang tertinggi terdapat di Maluku Utara yang mencapai Rp 53.750 per kg.

BACA JUGA: Tepati Janji, Prabowo Kirim Pesepak Bola Muda Ikuti Pendidikan di Aspire Academy

Sementara untuk harga bawang putih ukuran sedang terendah berada di Lampung yang mencapai Rp 31.650 per kg. Rata-rata harga bawang putih ukuran sedang di DKI Jakarta mencapai Rp 44.150 per kg.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close