Umum

BPKN Minta Pemerintah Lakukan Audit BPOM soal Kasus Gagal Ginjal

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Dr. Rizal Edy Halim mendesak Pemerintah untuk melakukan audit dari hulu hingga hilir untuk mengusut obat sirop menyebabkan gagal ginjal pada anak.Hal tersebut dikatakan saat rapat bersama komisi VI DPR.

“Ada banyak spekulasi apakah bahan bakunya apakah kalau memang kejahatan atau tindak kecurangan yang dilakukan pelaku itu sudah pasti pidana, Kami sudah sampai pada rekomendasi kepada pemerintah untuk melakukan audit secara keseluruhan dari hulu hingga hilir,” katanya, Kamis (03/11/2022).

Pihaknya juga mengatakan perlunya audit bahan baku pembuatan obat sirop juga harus sampai kepada bahan impor, Sebab, ada bahan impor yang digunakan bukan hanya untuk obat-obatan saja.

“Termasuk pada saat bahan baku itu masuk melalui importasi karena importasi larutan zat tambahan pelarut ini ini diimpor umum barang umum dengan sebagian bisa dipakai untuk obat-obatan, sebagian bisa makanan sebagai bksa kebutuhan industri manufaktur seperti cat dan sebagainya,” ucapnya.

Dia juga menyebut pemerintah juga harus melakukan audit terkait proses registrasi merk obat yang dilakukan BPOM.

“Berikutnya terlepas dari bahan baku kita juga harus melakukan audit kepada apa yang dilakukan BPOM apakah benar proses registrasi itu dilakukan pengujian terhadap keamanan produk yang akan diberikan izin edar,” tandasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close