BeritaPeristiwaRegionalUmum

Tidak Didengar Pemerintah, Warga Banyuasin Swadaya Perbaiki Jalan Rusak

BIMATA.ID, Jakarta- Salah satu warga Desa Sako, Kecamatan Rambutan, Banyuasin bernama Sujar mengungkapkan, Jalan rusak dan berlumpur menuju SMK di Banyuasin, Sumatera Selatan, terpaksa diperbaiki ala kadarnya. Jalan itu diperbaiki menggunakan dana pribadi dan dibantu siswa sekolah tersebut.

Jalan dengan panjang 600 meter dan lebar 6 meter itu berada di Desa Sako, Kecamatan Rambutan, Banyuasin. Jalan tersebut merupakan hibah dari masyarakat dan sudah sekitar 5 tahun kondisinya seperti itu.

“Iya, ini sudah mulai kita perbaiki sedikit-sedikit. Dibantu siswa SMK bersama perangkat desa,” ungkapnya, Jumat (28/01/2022).

Dia mengatakan, sumber dana perbaikan ala kadarnya tersebut bukan bantuan pemerintah, baik Pemkab maupun Pemprov. Selama 1 minggu melakukan perbaikan, menurutnya, sudah sekitar 5 dump truck batu split yang ditumpahkan di jalan tersebut menggunakan dana pribadi.

“Tidak pakai dana pemerintah, ini pakai dana pribadi CK-CK (pupuhan). Perbaikan sudah 1 minggu ini, kurang-lebih sudah lima dump truck batu-batu yang sudah ditimbunkan di sana. Mudah-mudahan, kalau cuaca hujan, siswa bisa melintas agak nyaman dari sebelumnya, walaupun sifatnya hanya sementara,” ujarnya.

Di samping itu, Camat Rambutan, Mursal, tidak menepis kabar tersebut. Dia mengaku sudah mengajukan bantuan perbaikan jalan itu sejak 2 tahun lalu di musrenbang. Namun, hingga saat ini belum ada titik terang dari Pemkab Banyuasin dan Pemprov Sumsel.

“Iya benar, jalan itu diperbaiki ala kadarnya dulu oleh perangkat desa pakai dana pribadi. Sebenarnya, untuk perbaikan jalan itu sudah kami ajukan ke Pemkab 2 tahun lalu melalui musrenbang, tapi memang hasil keputusannya belum ada, masih diproses infonya,” katanya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close