BeritaEducationEdukasiKomunitasPeristiwaPertanianPolitikRegionalUmum

Tingkatkan Pertanian di Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati Dorong Anggota KWT Beralih ke Pupuk Organik Buatan Sendiri

BIMATA.ID, KUNINGAN – Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati, SH. MM., mendorong anggota kelompok wanita tani di Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan beralih menggunakan pupuk nitrogen organik cair yang bisa dibuat sendiri.

Hal itu dikatakan Tina saat bertemu dalam sesi pendidikan politik bagi kelompok wanita tani di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, beberapa waktu lalu, yang bertempat di Joglo Wanariksa desa setempat.

Dalam sesi dialog, Tina menghadirkan penyuluh pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Susanti, untuk memaparkan keunggulan pupuk organik cair yang bisa dikembangkan dari bahan-bahan sederhana.

“Disaat mahalnya pupuk kimia dan tidak jarang terjadi kelangkaan, para anggota KWT bisa berinovasi menggunakan pupuk organik cair buatan sendiri bagi tanaman pertanian yang sedang diolahnya,” ungkap Tina, yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Gerindra ini.

Menurutnya, dengan pupuk organik cair buatan sendiri ini, disamping secara ekonomis harganya relatif terjangkau, telah dibuktikan oleh petugas PPL di lapangan, bahwa keunggulannya bisa melebihi dari pupuk urea buatan pabrik.

“Kami sudah mencobanya ke tanaman pertanian yang dikembangkan oleh sejumlah KWT di Kabupaten Kuningan, hasilnya bagus,” terang petugas penyuluh pertanian, Susanti.

Beberapa keunggulan dari pupuk nitrogen cair buatannya ini, kata Santi, adalah hasil pertanian yang lebih bagus, tanaman jadi tahan hama, lebih menyuburkan tanah dan pemakaiannya bisa lebih hemat.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa Puncak, Mustopa, yang hadir dalam agenda tersebut. Menurut Mustopa, anggota kelompok wanita tani di desanya ini sudah mencoba pupuk organik cair buatan sendiri sejak dua tahun ke belakang.

“Bimbingan petugas PPL di Desa Puncak, Alhamdulillah, menunjukkan hasil bagus. Kita masih perlu mensosialisasikan keunggulan pupuk ini kepada petani lainnya,” ujar Kades Mustopa.

Ia juga berterima kasih kepada Anggota Legislatif DPRD Provinsi Jabar, Hajah Tina Wiryawati yang sudah membantu membina para anggota KWT di desanya ini.

Bahkan kedepannya, Anggota Legislatif dari Partai Gerindra ini akan terus membina dan mengembangkan hasil pertanian di Kabupaten Kuningan ini menjadi produk-produk olahan UMKM untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Di Joglo tersebut, akan digencarkan berbagai pelatihan ekonomi kreatif masyarakat bagi sejumlah kalangan mulai dari remaja hingga orang tua.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close