BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Prabowo Ternyata Keturunan Sunan Giri dan Panglima Laskar Pangeran Diponegoro

BIMATA.ID, Jakarta- Nama Prabowo Subianto sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Prabowo dikenal sebagai sosok yang telah malang melintang di dunia militer dan politik.

Namun siapa sangka, silsilah Prabowo ternyata sampai ke Sunan Giri dan Panglima Laskar Pangeran Diponegoro, sebagimana dikutip dari Youtube Daftar Info.

BACA JUGA: Gerindra Banten Siap Menangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir di Jakarta 17 Oktober 1951 dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar. Prabowo merupakan anak ketiga dari empat bersaudara.

Dua kakaknya bernama Bianti Djiwandono dan Mariani Le Maistre. Sementara itu adik Prabowo bernama Hashim S Djojohadikusumo.

Ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo adalah seorang ahli ekonomi yang pernah menjadi menteri ekonomi dan menteri perdagangan era Soekarno. Pada waktu itu ia juga menjadi delegasi Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai menteri ekonomi pada tahun 1946.

BACA JUGA: Kesan Rekan Media CT Corp Berdiskusi dan Dapat Tanda Tangan Pena Prabowo

Soemitro juga dikenal sebagai ahli ekonomi terkenal dan pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Perindustrian (1940).

Soemitro Djojohadikusumo pernah melakukan program yang menguntungkan pengusaha pribumi dengan mengorbankan kelas pedagang Indonesia-Tionghoa.

Selanjutnya Pada tahun 1973 Soemitro diangkat menjadi menteri riset pada zaman Presiden Soeharto.

Soemitro Djojohadikusumo sendiri merupakan anak dari Margono Djojohadikusumo (1894-1978), salah satu anggota dari Panitia Penyelidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

BACA JUGA: Relawan “Gerakan Mantap Pilih Prabowo” Deklarasikan Dukungan

Margono Djojohadikusumo yang merupakan kakek dari Prabowo Subianto juga pernah menjadi dewan pertimbangan agung Presiden Soekarno dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat sementara.

Setelah itu ia mendirikan Bank Negara Indonesia (1946) dan menjadi direktur utama disana.

Margono memiliki istri bernama Raden Nganten Suratmi Siswodiharjo yang merupakan keturunan Raden Wijaya III anak dari Raden Wijaya II, seorang bangsawan Mataram.

Jika ditarik ke atas, silsilah Raden Wijaya II akan sampai ke Brajunimartani yang merupakan putri Ki Ageng Pemanahan pendiri Mataram Islam dan memiliki garis keturunan sampai Raden Ainul Yaqin atau Sunan Giri.

BACA JUGA: Sambangi Transmedia, Prabowo Bagikan Buku dan Pesan Personal untuk Rekan Pers

Itu artinya, Prabowo Subianto memiliki silsilah keluarga sampai ke Sunan Giri dari sang nenek, yang bernama Raden Nganten Suratmi Siswodiharjo.

Sementara itu ayah dari Margono Djojohadikusumo (kakek Prabowo) bernama Tumenggung Mangkuprojo. Ia merupakan anak dari Tumenggung Banyakwide atau Panglima Banyakwide.

Tumenggung Banyakwide merupakan seorang anak Bupati dari Banyumas. Tumenggung Banyakwide juga dikenal sebagai salah seorang panglima laskar Pangeran Diponegoro.

BACA JUGA: Media Asing Sebut, Prabowo Dapat Dukungan Kuat dari Anak Muda Indonesia

Dengan begitu, Prabowo Subianto memiliki garis keturunan sampai Tumenggung Banyakwide yang merupakan salah seorang panglima laskar Pangeran Diponegoro dari jalur sang Kakek.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close