BeritaKesehatanOlahragaRegional

Pemkot Salatiga Minta KONI Sediakan Layanan Psikologi untuk Atlet

BIMATA.ID, Salatiga – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga meminta kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Salatiga untuk menyediakan layanan psikologi bagi atlet.

Terkait hal itu, karena layanan tersebut dinilai penting agar atlet mendapatkan porsi yang tepat dalam menanggulangi stres.

Menanggapi hal itu, Penjabat (PJ) Walikota Salatiga, Yasip Khasani mengatakan, pada saat ini level stres manusia sudah sering masuk ke kategori yang berkepanjangan, sehingga masuk ke ranah medis.

Baca juga: Survei Indikator: Mayoritas Publik Tak Setuju Pembatalan Hasil Pemilu atas Prabowo-Gibran

“Jika beban atlet sudah terlalu berat, hadirkan psikiater untuk berdiskusi siapa tahu ada terapi medis yang diperlukan, sehingga atlet juga mendapatkan porsi yang tepat untuk menanggulangi stres,” kata PJ Walikota Salatiga, Yasip Khasani, pada Sabtu, (20/04/2024).

Menurutnya, penyediaan layanan psikologi merupakan salah satu tugas KONI dalam memenuhi kebutuhan psikis para atlet.

“Itu sudah menjadi tugas KONI untuk menyediakan layanan psikis. Jadi tidak hanya latihan fisik dan fisik, namun juga pemenuhan kebutuhan psikis dan spiritual atlet,” ungkapnya.

Lihat juga: Prabowo Minta Pendukung Tidak Turun ke MK, Guru Besar Unas Nilai Sebagai Bentuk Kenegarawanan

Selain itu, Ia menilai atlet juga harus mendapatkan akses pengetahuan dan ilmu yang baik sehingga mereka menjadi sumber daya yang berkualitas secara teknis, spiritual, dan sosial.

“Ada istilah di luar sana yaitu lesson learn yang artinya belajar dari apa yang kita pelajari, belajar dari apa yang telah dilalui, jangan sampai masuk pada lubang yang sama dua atau tiga kali. Belajarlah dari kesalahan teknis maupun non teknis yang terjadi, perkaya literasi untuk pengembangan ke depan,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close