BeritaEkonomiNasionalUMKMUmum

Pemerintah Berikan 7.634 Titik Internet Gratis Selama Pandemi

BIMATA.ID, JAKARTA- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan pemerintah melalui BLU BAKTI (Badan Aksesibilitas Telkomunikasi dan Informatika) telah membangun ribuan titik akses internet gratis yang dapat digunakan masyarakat.

“Di masa pandemi ini pun, BLU BAKTI Kominfo telah menghadirkan 7.634 akses internet gratis di berbagai pelosok negeri,” tutur Johnny saat konferensi pers peluncuran Program Pelatihan UMKM Digital secara virtual.

Johnny mengatakan akses internet tersebut juga gratis. Pada praktiknya, BAKTI memanfaatkan jaringan dari sembilan satelit, dengan perincian lima milik Indonesia dan sisanya satelit milik perusahaan global yang disewa.

Pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk menghadirkan sinyal internet di lebih dari 12 ribu desa Indonesia. Untuk itu, pemerintah menargetkan seluruh wilayah akan mendapatkan akses internet paling lambat dua tahun ke depan.

“Masih ada 12.548 desa/keluruhan yang belum terjangkau sinyal 4G. Namun itu sudah ada dalam pipeline kami, selambat-lambatnya hal itu dapat terlaksana hingga akhir 2022,” kata Johnny melanjutkan.

Pemerintah juga memiliki rencana untuk meluncurkan satelit multifungsi SATRIA-1. Rencananya, satelit ini akan meluncur pada 2023 dan dapat menyediakan akses bagi 150.000 titik layanan publik.

Johnny mengatakan pemerintah melalui Kemkominfo juga akan segera menghadirkan akses internet untuk fasilitas kesehatan, mencakup rumah sakit dan puskesmas yang belum terjangkau.

“Dari 10.133 rumah sakit dan puskesmas masih terdapat 3.126 yang belum terjangkau akses internet. Tahun ini, Kemkominfo akan menyediakan akses internet untuk 2.500 puskesmas dan sisanya pada akhir 2021,” tutur Johnny.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close