BeritaEkonomiInternasionalNasionalPolitik

Puteri Komarudin Apresiasi dan Dukung Australia yang Tengah Jalin Kerja Sama Dengan Provinsi Jawa Barat

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin mengapresiasi dan mendukung Australia dan Provinsi Jawa Barat yang tercatat tengah menjalin kerja sama di berbagai sektor. Salah satunya adalah kerja sama di bidang kesehatan yang melibatkan perusahaan global asal Australia dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat dengan nilai investasi sekitar USD 1 miliar.

Hal ini disampaikan Puteri Komarudin saat pertemuan bersama Tim Watss, Anggota Parlemen Australia pada beberapa waktu lalu.

“Kami berterima kasih atas komitmen Australia untuk mendukung pengembangan sektor kesehatan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat yang menjadi provinsi dari konstituen saya. Dengan nilai investasi ini nantinya direncanakan untuk pembangunan 23 rumah sakit dan 650 klinik di Jawa Barat selama 20 tahun ke depan. Hal ini pastinya sangat membantu untuk meningkatkan layanan kesehatan di Jawa Barat yang berkualitas dan bertaraf internasional. Karena ternyata hampir 2 juta penduduk Indonesia masih pergi berobat ke luar negeri,” kata Puteri Komarudin, dikutip dari website resmi Parlementaria, Jumat (18/08/2023).

Baca Juga : Prabowo dan Budiman Sudjatimiko Akan Sepanggung di Semarang Sore Ini!

Pada hari yang sama, Puteri juga berkunjung ke Kantor Pemerintah Negara Bagian Victoria untuk berdialog bersama Gubernur Victoria Margaret Gardner AC. Dalam kesempatan ini, Puteri juga mendukung inisiasi kerja sama antara Negara Bagian Victoria dengan Provinsi Jawa Barat, terutama di bidang peternakan.

“Seperti yang kita ketahui, Victoria punya potensi yang sangat besar terhadap peternakan. Sedangkan, Jawa Barat juga memiliki kebutuhan rata-rata 700 ribu ekor sapi per tahun, tapi saat ini hanya 30 persen saja yang bisa dipenuhi oleh produsen lokal. Sehingga, tentu hal ini menjadi peluang kerjasama yang baik bagi investor produk peternakan Victoria untuk memenuhi kebutuhan daging di Jawa Barat,” ungkapnya.

Selain itu, Puteri juga memberikan dukungannya terhadap rencana kerja sama Sister City antara Kota Bandung sebagai Ibu Kota Jawa Barat, dan Kota Melbourne sebagai Ibu Kota Negara Bagian Victoria.

Simak Juga : Gerindra dan PAN Gelar Konsolidasi Pemenangan Prabowo di Solo

“Kerja sama ini nantinya akan fokus pada 5 bidang yaitu kota pintar, ekonomi dan perdagangan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, kota layak anak, dan perusahaan rintisan. Untuk itu, kami berharap pemerintah Victoria juga memberikan dukungan supaya kerjasama ini bisa memberikan manfaat bagi kedua negara,” ujarnya.

Kemudian, Puteri juga mengajak Australia untuk terus memperkuat kolaborasi dan kerja sama investasi di sejumlah sektor prioritas yang digencarkan Pemerintah Indonesia.

“Australia juga dapat terlibat dalam pengembangan industri baterai kendaraan listrik, pengembangan energi baru terbarukan, hingga pembangunan Ibu Kota Baru Nusantara (IKN). Khusus untuk kendaraan listrik, kami sudah targetkan untuk mulai produksi baterai electric vehicle (EV) tahun depan, serta produksi 1 juta mobil listrik dan 3,2 juta motor listrik di tahun 2035.” tandasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close