BeritaEkonomiNasionalSains & TekUmum

Pemerintah Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Ekonomi Digital

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada tanggal 14 Mei 2020 guna mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, gerakan ini merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Melalui gerakan ini, pemerintah mengajak agar masyarakat Indonesia mencintai dan bangga akan karya anak negeri sendiri. Membeli produk buatan Indonesia merupakan wujud konkrit pembelaan dan rasa cinta terhadap bangsa.

Mengingat pentingnya memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pelaku UMKM khususnya perempuan mengenai kemampuan untuk adaptif dan kreatif di era pandemi, Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan Perempuan Indonesia Maju menyelenggarakan Forum Digitalk: Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui UMKM Digital di Era Pandemi.

Dalam acara tersebut Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Tangkary menyampaikan bahwa Kontribusi perempuan untuk perekonomian Indonesia terutama pada UMKM adalah sebesar 64,5%. Ia juga menyampaikan akan pentingnya peran teknologi digital dalam pemberdayaan perempuan.

“Pemanfaatan teknologi digital bagi perempuan sangatlah penting dan perlu terus dikembangkan. Hal ini dilakukan agar pekerjaan yang dilakukan lebih fleksibel, dapat mempromosikan kesetaraan gender, mendukung perempuan makin berdaya, lebih berpartisipasi dalam segala bidang, dan perubahan perilaku masyarakat berbasis digital”, ujarnya, Jumat (15/10/2021).

Ia juga menjelaskan bahwa di masa depan, sangat terbuka luas potensi ekonomi digital Indonesia. Pada tahun 2020, kontribusi ekonomi digital mencapai Rp 619 triliun, sehingga dapat menjadi akselerator membangkitkan ekonomi Indonesia.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close