EkonomiBeritaNasional

Harga-Harga Tidak Stabil, Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah Mulai Menurun

BIMATA.ID, Jakarta- Kepercayaan masyarakat pada pemerintah nampak menurun pada Juli 2022. Berdasarkan survei Danareksa Research Institute (DRI), ini ditunjukkan dari Indeks Kepercayaan Terhadap Pemerintah atau Consumer Confidence in The Government Index (CCGI) Juli 2022 yang turun 0,2% menjadi 113,8.

Kepala ekonom DRI Rima Prama Artha menyebut, penurunan keyakinan masyarakat terhadap pemerintah disebabkan oleh peningkatan harga pada Juli 2022. Dengan demikian, masyarakat nampak kurang yakin dengan kemampuan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga.

“Faktor utama yang menyebabkan indeks turun adalah, keyakinan konsumen yang menurun terhadap kemampuan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga. Indeksnya menurun 4,2% mom menjadi 86,7,” tulis Rima dalam survei Konsumen DRI, Rabu (03/08/2022).

Sebaliknya, Rima menunjukkan adanya peningkatan keyakinan masyarakat terhadap kemampuan pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang aman. Ini terlihat dari indeks yang tercatat naik 3,0% mom menjadi 162,3. Masyarakat juga nampak lebih yakin. terhadap kemampuan pemerintah dalam memberikan rasa kepastian dalam sistem hukum.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close