BeritaNasional

Terus Menguatkan Pertahanan Negara di Udara, Menhan Prabowo Akan Mendaratkan Pesawat Yang Lebih Besar

BIMATA.ID, Jakarta –  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membongkar skema memperkuat pertahanan udara Indonesia dengan mendaratkan pesawat besar Airbus A400M. 

Pada sebelumnya, Menhan Prabowo Subianto telah menyerahkan Pesawat C-130J Super Hercules kepada TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

“Saya kira ekspektasinya sesuai. Ini, kan pengalaman angkatan udara kita menggunakan C-130 Hercules sudah cukup banyak,” kata Prabowo, dikutip dari tvonenews, Jumat (07/07/2023).  

Baca Juga : Jokowi Dan Prabowo Adalah Bestie, Relawan : Bisa Dilihat Dari Weton Yang Sama

Prabowo menjelaskan, Indonesia telah cukup puas dengan Hercules yang sudah menemani selama 63 tahun dengan berbagai seri.  

Menurutnya, beberapa di antaranya sudah dipensiunkan, yakni C-130 Hercules tipe A dan B, oleh karena itu, Indonesia hanya akan memiliki Pesawat Hercules tipe H dan J. 

“Kita diberikan laporan KSAU bahwa Seri B akan juga di phase out Seri A sudah, Seri B sudah mulai di phase out, jadi nanti tinggal H dan J. sekarang kita punya 31 Hercules, tambahan dua (C-130 J Super Hercules A-1339 dan A-1340), jadi 33. Kalau tambah tiga lagi (super Hercules yang akan datang) jadi ada 36 (pesawat Hercules),” jelasnya.

Meski demikian, Prabowo mengungkapkan, Indonesia masih membutuhkan tambahan kekuatan udara dengan menambah alutsista baru.

Menurut dirinya, pesawat angkut yang lebih besar akan segera mendarat di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.  

“Kita akan perkuat lagi, beberapa tahun lagi akan datang A400M yang lebih besar, jadi kita butuh untuk operasi pertahanan, tapi juga untuk operasi kemanusiaan kalau ada bencana kemanusiaan,” imbuhnya.  

Simak Juga : Projo Akui Satu Pandangan Dengan Relawan Prabowo, Dukung Prabowo Sebagai Capres 2024

Sebagai informasi, Indonesia memesan dua unit pesawat angkut A400M produksi Airbus. Kontrak pembelian pesawat berharga sekitar Rp2,2 triliun per unit tersebut diteken Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Berdasarkan Siaran pers Kementerian Pertahanan menyebutkan, kontrak ditandatangani di sela-sela acara Dubai Airshow 2021 tersebut akan berlaku efektif pada 2022, kontrak tersebut mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap, dan akuisisi empat A400M di masa mendatang.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close