BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegionalUmum

Survei LSJ : Elektabilitas Prabowo Absolut di Atas Ganjar dan Anies

BIMATA.ID, JAKARTA – Peneliti Senior Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Fetra Ardianto merilis hasil survei terbaru mereka tentang elektabilitas calon presiden jelang Pemilu 2024, Senin, 3 Juli 2023.

Hasil Survei tersebut ditemukan elektabilitas Menhan RI, Prabowo diatas dua kompetitor utamanya semakin absolut yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan apabila Pilpres hanya diikuti tiga nama saja.

BACA JUGA: Jika Terpilih Jadi Presiden, Prabowo : Kalau saya menang, Saya Akan Mengajak Semua Unsur Masuk Dalam Pemerintahan

“Ketika kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres dan hanya diikuti oleh tiga capres, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan?,” kata Fetra Ardianto

“Hasilnya sebanyak 40,3% responden menegaskan pilihannya pada Prabowo, lantas 32,6% responden memilih Ganjar dan 20,7% menjatuhkan pilihan pada Anies. Sebanyak 6,4% responden menyatakan belum punya pilihan (undecided),” sambung Fetra Ardianto

Prabowo Subianto disebut leading jauh atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam simulasi secara head to head. Ketika LSJ mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Ganjar.

BACA JUGA: Andre Rosiade: Akan Ada Parpol Parlemen Dukung Prabowo Juli Ini

“Sebanyak 52,4% memilih Prabowo, lalu 38,5% memilih Ganjar dan sisanya (9,1%) mengaku belum punya pilihan. Sedangkan jika head to head dengan Anies, Menhan Prabowo unggul 56,2% berbanding 36,8%, sementara 7% responden masih belum bisa memilih salah satu diantara keduanya,” terangnya.

Tingkat Elektabilitas Capres Simulasi 3 Nama

Prabowo Subianto 40,3%
Ganjar Pranowo 32,6%
Anies Baswedan 20,7%
Undecided 6,4%

Tingkat Elektabilitas Capres Simulasi 2 Nama

Prabowo Subianto 52,4%
Ganjar Pranowo 38,5%
Undecided 9,1%

BACA JUGA: Presiden Jokowi Gelar Sidang Paripurna, Mulai Dari Menko Polhukam Hingga Menhan Prabowo

Tingkat Elektabilitas Capres Simulasi 2 Nama

Prabowo Subianto 56,2%
Anies Baswedan 36,8%
Undecided 7%

Tingkat Elektabilitas Capres-Cawapres Simulasi 3 Pasangan

Prabowo Subianto/Erick Thohir 40,5%
Ganjar Pranowo/Sandiaga Uno 30,8%
Anies Baswedan/Agus Harimurti Yudhoyono 24,5%
Undecided 4,2%

BACA JUGA: Ganjar dan Prabowo Diusulkan Mundur, NasDem Ingatkan abuse of power

Survei LSJ dilaksanakan pada 20 s/d 29 Juni 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic random sampling).

BACA JUGA: Wapres Ma’ruf Amin dan Menhan Prabowo Jadi Saksi Pernikahan Putri Bambang Soesatyo

Margin of error +/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (tele-polling) dengan pedoman kuesioner.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close