BeritaEkonomiNasionalPeristiwaRegionalTravel

Libur Sekolah, Pengunjung Candi Borobudur Meningkat

BIMATA.ID, MAGELANG – Jumlah pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur meningkat pada libur sekolah. Hal itu diungkapkan oleh General Manager Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), Jamaludin Mawardi.

Menurutnya, sebelum liburan para pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara telah mencapai sebanyak 3000, hingga 3500 orang per/harinya. Serta menjelang libur sekolah meningkat menjadi 6000 s/d 8000 pengunjung per/harinya.

“Bahkan, pada akhir pekan pengunjung biasanya antara 7.000 hingga 8.000 orang kemarin sempat sampai 10.000 pengunjung, mungkin karena kemarin bersamaan dengan cuti bersama,” kata Jamaludin Mawardi di Magelang, Senin (03/07/2023).

Baca juga: Prabowo Jadi Saksi Pernikahan Putri Bamsoet

Selain itu, peningkatan pengunjung dimulai awal liburan sekolah pada akhir Juni lalu, terpantau dari kedatangan Bus – bus yang memasuki lokasi taman wisata.

Kemudian, kunjungan wisatawan mancanegara juga mulai meningkat, kebetulan pada Juni hingga nanti Juli, dan Agustus 2023 merupakan liburan musim panas bagi wisatawan Eropa.

“Indikasinya sudah kelihatan, setiap pagi jumlah wisatawan yang antri untuk membeli tiket naik ke candi juga mulai kelihatan, lebih banyak dari hari-hari sebelumnya,” ungkapnya.

Lihat juga: Survei POLIGOV: Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar Pranowo

Maka dari itu, pada masa liburan sekolah ini, kuota kunjungan naik ke bangunan candi sebanyak 1.200 orang per/hari terpenuhi lebih awal.

Untuk diketahui, pada libur sekolah kali ini, Taman Wisata Candi Borobudur juga menyajikan permainan tradisional dan pembuatan kerajinan seperti gerabah, wayang, dan eco print di Halaman Museum Samudraraksa.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close