BeritaKesehatanNasionalPeristiwaUmum

Pemerintah Diminta Pastikan Seluruh Hewan Kurban Sehat

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah diingatkan memastikan hewan kurban yang didistribusikan untuk perayaan Iduladha 2023 dalam kondisi sehat. Peringatan itu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Puan mengimbau pemerintah memperbanyak distribusi vaksin bagi hewan kurban. Tujuannya, agar terhindar dari virus lato-lato atau Lumpy Skin Disease (LSD).

BACA JUGA: PAN Doakan Prabowo Jadi Presiden, Habiburokhman: Hamdalah

Kata Puan, vaksin diperlukan karena permintaan hewan kurban seperti sapi dan kambing tengah meningkat drastis jelang perayaan Hari Raya Iduladha 2023.

“Kami mendorong pemerintah dapat mengambil tindakan yang proaktif untuk memastikan perlindungan yang kuat terhadap hewan kurban pada perayaan Idul Adha 2023,” kata Puan, Kamis (22/06/2023).

Politisi PDIP itu menyoroti masalah kekurangan sebesar 400-450 ribu vaksin LSD di Lampung. Ia mendesak pemerintah segera memberi bantuan untuk pemerintah daerah yang kekurangan stok vaksin.

BACA JUGA: Makan Nasi Padang Bareng Wartawan, Prabowo Nyanyikan Happy Birthday untuk Rekan Jurnalis

“Jangan sampai karena kurangnya vaksin nanti akan berdampak terhadap pasokan hewan kurban. Pemerintah pusat perlu mengakomodir kebutuhan di daerah,” jelas mantan Menko PMK itu.

Salah satu daerah penyuplai hewan kurban, di Provinsi Banten diketahui terdapat 332 ekor hewan yang terinfeksi virus LSD. Lalu di Sidoarjo, Jawa Timur, terdapat 250 ekor sapi kurban yang juga terjangkit virus tersebut.

BACA JUGA: Makan Padang Bareng Juragan 99, Arief Muhammad dkk, Prabowo Salut Makin Banyak Anak Muda Berani Jadi Pengusaha

Selain itu, di Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sukabumi dan Kota Depok, Jawa Barat, juga ditemukan hewan kurban yang terinfeksi virus LSD. Sebanyak 103 hewan terjangkit virus yang berasal dari serangga vektor, seperti nyamuk dan kutu.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close