BeritaNasional

Anggota DPR Gerindra Habiburokhman Dukung Langkah Kapolri Evaluasi Pembuatan SIM

BIMATA.ID, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ingin mengevaluasi pembuatan SIM demi mempermudah masyarakat.

Anggota Komisi III DPR RI fraksi Partai Gerindra Habiburokhman mendukung penuh langkah Kapolri.

“Sepakat sekali dengan apa yang disampaikan oleh Pak Kapolri, pengurusan SIM, STNK, balik nama, BPKB, dan lain-lain dipermudah secara administrasi. Jangan ada kongkalikong, apalagi mempersulit orang yang ingin membuat, mengurus dokumen-dokumen tersebut sehingga orang mengeluarkan uang ekstra,” kata Habiburokhman, dikutip dari detiknews, Kamis (22/06/2023).

Baca Juga : Ucapan Selamat Ultah Prabowo kepada Jokowi dalam Bahasa Jawa Dinilai Sarat Makna

Habiburokhman memberikan catatan dalam rangka evaluasi pembuatan SIM, meski nantinya dipermudah, Habiburokhman menegaskan, kemahiran hingga perilaku calon penerima SIM harus benar-benar dipastikan sebelum dokumen tersebut dikeluarkan kepolisian.

“Namun demikian dalam mengetes kemahiran calon pemilik SIM tetap harus dilakukan dengan cermat, jangan sampai orang bisa memiliki SIM tetapi dia tidak mahir berkendara,” tegasnya.

“Begitu juga soal attitude di jalan raya, itu diperkuat dalam uji pembuatan SIM ya, agar orang berkendara juga paham attitude atau sopan santun di jalan raya,” lanjutnya.

Habiburokhman menyebut Kapolri mempunyai niat baik untuk terus mempermudah urusan masyarakat di institusi yang dipimpinnya, karenanya, legislator Gerindra itu mendukung penuh niatan Kapolri.

“Intinya kami mendukung penuh niatan baik Pak Kapolri untuk mempermudah segala sesuatu urusan pelayanan publik di institusi kepolisian. Bravo Pak Kapolri,” ujarnya.

Sebelumnya, Jenderal Sigit meminta jajarannya terus melakukan perbaikan untuk mempermudah masyarakat, termasuk dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM), Sigit meminta Kakorlantas Polri segera melakukan perbaikan dalam praktik penerbitan SIM.

Simak Juga : Cara Beda Prabowo Dukung Palestina

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit dalam sambutannya di Upacara Wisuda Program Pendidikan S1 Ilmu Kepolisian angkatan ke-80, Widya Patria Tama, Pascasarjana S2 Angkatan ke-11 STIK Lemdiklat Polri T.A 2023 dan Pascasarjana S3 Lemdiklat Polri T.A 2023, agenda dilaksanakan di Gedung PTIK/STIK Jakarta Selatan, Rabu (21/6).

“Pembuatan SIM, ini masih dilihat sulit. Laporan kasus juga sama, balik nama kendaraan juga sama, dan seterusnya. Saat ini kita terus melakukan upaya perbaikan,” kata Sigit.

“Saya kira Pak Kadiv TIK, Pak As Ops, Pak Kabik, Kakorlantas, sedang berusaha melakukan perbaikan, dari yang awalnya manual kita ubah menjadi digitalisasi, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan cukup dengan menggunakan aplikasi yang saat ini kita siapkan, kita sedang satukan semua aplikasi menjadi satu layanan namanya Super Apps,” sambungnya.

Lihat Juga : Prabowo dan Gibran Terlihat Akrab di Tengah Pertandingan Timnas Indonesia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close