BeritaOlahraga

SEA Games 2023: Tim Bulu Tangkis Beregu Putri Indonesia Siap Tempur Hadapi Kamboja

BIMATA.ID, Jakarta- Tim bulu tangkis beregu putri siap menghadapi tim tuan rumah Kamboja pada babak perempat final yang akan menjadi putaran pertama agenda SEA Games 2023 di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Selasa (9/5/2023).

Meski pemain Kamboja secara statistik masih di bawah timnas Indonesia, namun para atlet menyadari bahwa tim tuan rumah mempunyai keuntungan tersendiri sehingga wajib diwaspadai.

“Karena bermain di rumah sendiri pasti mereka lebih lepas mainnya. Pasti ada keinginan untuk tampil maksimal dari mereka. Itu yang harus diwaspadai dari lawan Kamboja,” ucap pemain ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Senin (8/5/2023).

Baca juga : Prabowo Beri Selamat untuk Lettu Agus Prayogo yang Raih Emas di SEA Games 2023

Menurut atlet yang berpasangan dengan Febriana Dwipuji Kusuma itu, pemain Kamboja juga bisa bermain lebih lepas karena mendapat dukungan langsung dari para pendukung.

Oleh karena itu, duo yang akrab disapa Ana/Tiwi itu akan menjaga fokus dan kesiapan maksimal baik dari aspek fisik, teknik, dan mental jelang pertandingan pertama.

“Bila besok diturunkan, kami sudah siap bertanding. Semua sudah dipersiapkan dengan baik, dari fisik, teknis, non-teknisnya. Dan kami di beregu putri kekompakannya sudah semakin erat, sudah saling mengisi satu sama lain,” kata Ana menambahkan.

Baca juga : Pencipta ‘Ojo Dibandingke’ Nyanyi untuk Prabowo: Kok Dibanding-Bandingke Yo Mesti Menang

Sementara itu, Pelatih Tunggal Putri Asep Suharno juga sudah mempersiapkan para pemainnya untuk penampilan perdana dari cabang olahraga bulu tangkis.

Ia pun mewanti-wanti para atletnya agar tetap bermain maksimal meski menghadapi tim yang di atas kertas berada di bawah mereka.

“Tuan rumah pasti selalu memiliki keuntungan tersendiri, oleh sebab itu kita harus terus waspada dan bersabar. Jangan sampai terpengaruh dengan keadaan yang mungkin akan merugikan nantinya,” ujar Asep.

Selengkapnya : PAN Dinilai Condong Dukung Prabowo karena Hal Ini

Pada SEA Games kali ini, Pelatnas PBSI Cipayung menurunkan empat tunggal putri yang tiga di antaranya adalah debutan. Tiga atlet yang baru kali pertama bermain di SEA Games ialah Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Hanya Stephanie Widjaja yang pernah mencicipi ajang SEA Games tahun lalu di Vietnam. Oleh karenanya, Asep mendorong mereka untuk mengeluarkan daya juang tanpa harus memikirkan target.

“Kami tidak membebankan target pada mereka, lebih ke daya juang. Jadi daya juangnya harus lebih, usahanya yang kami maksimalkan. Serta saya sampaikan ini bukan beban tapi tantangan. Semoga mereka bisa tampil lebih lepas dan lebih rileks,” tutur Asep.

Baca juga : Anak Buah Prabowo Fasilitasi ODGJ di Kuningan untuk Berobat

Berikut susunan skuad bulu tangkis beregu putri Indonesia:
1. Komang Ayu Cahya Dewi
2. Ester Nurumi Tri Wardoyo
3. Mutiara Ayu Puspitasari
4. Stephanie Widjaja
5. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
6. Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari
7. Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran bersama Rehan Naufal Kusharjanto)
8. Hediana Julimarbela (ganda campuran bersama Zachariah Josiahno Sumanti

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close