Nasional

PAN Dinilai Condong Dukung Prabowo karena Hal Ini

BIMATA.ID, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai akan lebih condong mendukung calon presiden Prabowo Subianto pada Pemilu 2024, ketimbang dua capres lainnya.

PAN bakal bergabung dengan koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah lebih dulu sepakat mengusung Prabowo.

“Bukan tidak mungkin sikap politik PAN nanti akan sama dengan sikap politik mereka di dua pemilu terakhir. Yaitu melabuhkan dukungan terhadap Prabowo Subianto,” kata peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro saat dihubungi pada Jumat (5/5).

Di sisi lain, Bawono menilai PAN nampaknya belum terlihat akan merapat ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Bawono menilai hal itu disebabkan ada kemungkinan PDI-P yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 belum sepakat dengan keinginan PAN yang ingin mengusung Erick Thohir sebagai cawapres.

“Boleh jadi hal itu lantaran PAN berhitung belum tentu Erick Thohir akan direstui oleh PDI Perjuangan sebagai cawapres pendamping bagi Ganjar Pranowo nanti,” ucap Bawono.

Bawono juga menilai PAN memang berupaya mendorong Erick sebagai cawapres 2024. Apalagi dalam setahun belakangan PAN dan Erick terlihat sangat mesra. Bahkan Erick Thohir kerapkali hadir dalam beberapa acara internal kader PAN.

“Apalagi dalam sejumlah survei simulasi pasangan calon nama Prabowo Subianto-Erick Thohir mampu bersaing dengan pasangan-pasangan calon lain,” ujar Bawono.

Namun, Bawono juga memperkirakan PAN bisa saja menahan diri untuk menentukan sikap politik mereka hingga mendekati pendaftaran pasangan capres-cawapres pada Oktober mendatang.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close