BeritaRegional

Dinkes Gunungkidul Bentuk Satgas Tekan Kasus Leptospirosis

BIMATA.ID, Yogyakarta – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dewi Irawaty mengatakan akan membentuk satuan tugas (Satgas) One Health di level kecamatan untuk menekan dan menanggulangi kasus leptospirosis.Hal itu diharapkan bisa mencegah lonjakan jumlah kasus yang sampai saat ini sudah mencapai puluhan.

“Satgas ini terbentuk akhir Februari kemarin di tingkat kecamatan,” katanya, Kamis (09/03/2023).

Baca Juga : Menhan Prabowo Puji Dukungan Besar Presiden Dalam Sektor Pertahanan

Pihaknya menjelaskan keberadaan satgas sebetulnya sudah sejak pertengahan 2022 di tingkat kabupaten. Satgas dibentuk untuk menangani kasus penyakit yang disebabkan dari hewan atau zoonosis. Selain leptospirosis, kasus penyakit di Gunungkidul yang berasal dari hewan juga ada antraks.

Onehealth terbentuk karena tak mungkin kasus zoonosis diatasi hanya Dinkes. Sehigga banyak OPD di sini yang dilibatkan. OPD yang terdekat Dinas Peternakan karena hewan itu menyerang manusia,” ucapnya.

Cek Juga : Dian Supardiyanto: Militansi Jaringan PAPERA Dukung Prabowo, Kehendak Rakyat Inginkan Pemimpin Pro Ekonomi Kerakyatan

Dia menjelaskan nanti nya satgas tersebut bisa segera bergerak untuk sosialisasi ke tingkat masyarakat bawah. Ia berharap kerja konkret satgas itu bisa membantu dalam menekan kasus leptospirosis.

“Satgas tak hannya berhenti dalam pembentukan saja tapi bisa memetakan di sana di setiap kecamatan yang berfungsi terjadi (penyebab kasus leptospirosis) di situ. Tikus-tikus di lokasi wisata bisa ada lepto di sana. Setelah potensi memetakan wilayah bisa membuat alur SOP, alur penanganan, koordinasinya seperti apa,” jelasnya.(oz)

Simak Juga : Ini Pesan Prabowo Subianto di HUT Kostrad

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close