Berita

KSAD TNI Jenderal Dudung Abdurachman Terjunkan 14 Ribu Prajurit TNI Bantu Korban Gempa Cianjur

BIMATA.ID, Cianjur – Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Dudung Abdurachman, mengerahkan 14 ribu personel untuk melakukan evakuasi terhadap warga pasca gempa bumi di Cianjur pada Senin, 21 November 2022. Para pasukan TNI tersebut pun disiagakan untuk membersihkan jalur yang terjadi longsor akibat gempa tersebut.

“Tenda-tenda dan dapur lapangan juga disiapkan untuk mereka. Kemudian kekuatan personel ada 2.500 dari Kodam 3 jadi sekitar total 14.000 yang diterjunkan ke Cianjur,” katanya, Selasa (22/11/2022).

Pihaknya menuturkan, para pasukan tersebut disebar ke beberapa lokasi yang terdampak bencana salah satunya di Kecamatan Cugenang yang dinilai cukup parah. Terlebih, masih ada beberapa warga yang tertimbun reruntuhan bangunan di Kecamatan Cugenang, sehingga pencarian dilakukan lebih intensif.

“Kita juga sedang optimalkan masalah pencarian keluarga yang di tempat terisolasi nanti kita akan lihat di sana, yang jelas jalan terputus di sana makanya satuan akan segera digerakkan,” ucapnya.

Diakui Dudung usai melakukan evakuasi, selanjutnya mulai memikirkan untuk membantu pemulihan dampak gempa yang menimbulkan kerusakan.

“Setelah tinggal nanti kita akan bantu pemulihan masalah perekonomiannya, kita akan bekerja sama supaya semuanya pulih dengan cepat,” sambungnya.

Sementara itu, Dudung memastikan penanganan korban dampak gempa Cianjur di RSUD Sayang sudah amat baik.

“Penanganan saya lihat di sini rumah sakit sudah cepat. Penanganannya sudah ditangani sebagaimana mestinya, dibantu dari TNI,” ungkapnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close