Berita

IDAI NTB Sebut Terdapat Tiga Pasien Kasus Gagal Ginjal Pada anak

BIMATA.ID, Mataram – Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi,menyampaikan, ditemukannya tiga kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak usia 6 sampai 18 tahun ketiga kasus ini, pasiennya telah dinyatakan meninggal dunia, setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit belum lama ini.

“Memang ada kasus gagal ginjal akut pada anak ditemukan pada Agustus dan September. Sebanyak 2 kasus dirawat di Rumah Sanglah (Bali), dan satu kasus ditemukan di Bima,” katanya, (24/10/2022).

Mantan Kepada Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi NTB ini menyebutkan, dari tiga kasus yang terserang penyakit gagal ginjal akut tersebut, dua diantaranya berasal dari Bima, dan satu pasien asal Lombok Barat.

“Ketiga pasien saat ini telah meninggal dunia, yaitu umur 6 tahun, 11 bulan dan 8 bulan. Dua pasien meninggal dunia di Rumah Sakit Sanglah, Bali, yaitu satu pada awal Agustus, dan satunya lagi pertengahan September. Sementara satu orang lagi meninggal di Bima,” ucapnya.

Eka menghimbau seluruh masyarakat dengan adanya temuan kasus gagal ginjal akut pada anak di NTB. Maka masyarakat diminta supaya tetap waspada, dan bila ada anak yang sakit agar segera dibawa ke fasilitas kesehatan atau Rumah Sakit (RS) untuk dilakukan pemeriksaan.

“Saat anak sakit segera ke sarana kesehatan, jangan membeli obat bebas,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close