BeritaEkonomiInternasionalPeristiwaRegional

Menparekraf: Peran Akademisi Penting Guna Dongkrak Ekonomi Kreatif

BIMATA.ID, Palembang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut tren pariwisata pada 2024 yang diperkirakan mendatangkan kunjungan dan pergerakan wisatawan yakni leisure, wellness experience, mendalam dan bermakna, serta set-jetting.

Sandiaga menilai, bahwa upaya yang dapat dilakukan guna menarik minat, dan memenuhi kebutuhan para wisatawan yakni dengan mendorong peran dunia pendidikan, serta industri untuk berkolaborasi.

“Ide yang dituangkan para akademisi melalui penelitian dapat dijadikan bahan referensi bagi pemangku kepentingan dalam melaksanakan bentuk revitalisasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi,” ungkap Menparekraf, Sandiaga secara daring dalam kegiatan Asean Tourism Forum (ATF) 2024 di Palembang, Selasa (07/05/2024).

Baca juga: Dahnil Sebut Prabowo Tidak Tendensius Mendikotomi Profesional dan Nonprofesional Pilih Menteri

Menurutnya, kegiatan tahunan The 14 Th ATF 2024 dapat menjadi ruang untuk berkolaborasi, dan menciptakan sejumlah program yang dapat memacu kembali sektor pariwisata.

Oleh karena itu, melalui kegiatan itu juga diharapkan mampu memperkuat kolaborasi Indonesia dengan negara di Asia dan negara mitra guna mendorong pertumbuhan, dan menciptakan lapangan kerja baru yang berkualitas di sektor pariwisata.

“Kegiatan ini merupakan wujud implementasi dari salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, jadi kita berkolaborasi dengan Hongkong Politeknik University dan diikuti beberapa negara diantaranya India, Malaysia, Hong Kong China, Rusia, Uzbekistan, Afrika Selatan, USA, Sri Lanka, Kazakhstan, Australia, United Kingdom, termasuk Indonesia,” jelasnya.

Lihat juga: Prabowo Gelar Halal Bihalal Bersama 1.000 Pegawai Kemhan

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close