Berita

Luapan Sungai Cileungsi Membuat 4 Wilayah Kecamatan Kota Bekasi Terendam Banjir

BIMATA.ID, Bekasi – Ketua Satgas PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Jawa Barat, Karsono mengatakan, banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bekasi membuat meluapnya Sungai Cileungsi dan banjir merendam 4 kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Genangan air juga disebabkan oleh bertambahnya debit air di Sungai Cileungsi yang berdampak pada daerah aliran Sungai Bekasi, 4 wilayah kecamatan yang terdampak adalah Kecamatan Jatiasih dan Bekasi Timur, Bekasi Selatan dan Bekasi Utara,” katanya, Kamis (17/02/2022).

Pihaknya telah memerinci, terdapat 3 titik banjir di wilayah Kecamatan Jatiasih. Di antaranya Perumahan Vila Jati Rasa, Kelurahan Jati Rasa dengan ketinggian 50-60 cm, Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jati Rasa dengan ketinggian 70 cm dan Perumahan Pondok Gede Permai, Kelurahan Jati Rasa dengan ketinggian 10-30 cm.

“Selanjutnya, di Bekasi Timur terdapat sebanyak 6 titik. Genangan 300 cm, Gang Kali Maya RT 01, 02 RW 05, Kelurahan Bekasi Jaya,” ucapnya.

Lalu, genangan kurang lebih 200 cm terjadi di Gang Semar RT 04 RW 04, Kelurahan Bekasi Jaya dan genangan 50-60 cm di Jalan Mayor Oking RT 01 RW 01, Kelurahan Margahayu.

Selanjutnya, Gang Mawar RT 08 RW 03, Kelurahan Margahayu dengan ketinggian 200 cm dan di Kampung Lengkak, Kelurahan Duren Jaya dengan genangan setinggi 5-10 cm.

Di wilayah Bekasi Utara terdapat satu titik banjir. Yakni di Kampung Lebak, RT 07/02, Kelurahan Teluk Pucung dengan ketinggian 50-60 cm.

Sementara di Bekasi Selatan terdapat 1 titik banjir dan 1 titik pohon tumbang. Titik banjir itu berada di Perumahan Vila Jaka Setia, Kelurahan Jakasetia dengan ketinggian 50-60 cm.

“Hujan deras yang turun di Kota Bekasi pada hari Rabu, 16 Februari 2022 mengakibatkan terjadinya pohon tumbang dan genangan. Pohon Tumbang di Pintu masuk utara (kantor) Pemerintahan Kota Bekasi, Kelurahan Marga Jaya,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close