BeritaEkonomiNasional

Kemenkeu: PSN Mubazir Jika tak Didukung Pemda

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) menyampaikan bahwa Proyek Strategis Nasional (PSN) dapat menjadi mubazir jika tidak didukung Pemerintah Daerah (Pemda).

Menanggapi hal itu, Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Lucky Alfirman menjelaskan, bagaimana harmonisasi antara pemerintah pusat, dan daerah agar bisa berjalan di Indonesia.

“Percaya atau tidak, ketika ada proyek strategis nasional di suatu daerah, maka pemerintah daerah tidak membangun infrastruktur pendukungnya. Jadi, itu menjadi mubazir,” ujar Lucky Alfirman dalam acara Seminar Internasional Desentralisasi Fiskal di Jakarta pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Baca juga: Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Prabowo Kokoh Pepet 40% Lampaui

Menurutnya, hasil dari forum ini sangat baik bahkan bisa menurunkan inflasi. Ini karena forum tersebut diadakan secara konsisten.

“Baru kemarin kami punya angka inflasi baru sekarang sudah di bawah 3 persen.” katanya.

Sekedar informasi, beras, dan bensin menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar September. Beras memiliki andil terhadap inflasi sebesar 0,18 persen, sedangkan bensin sebesar 0,6 persen.

Lihat juga: Survei LSI Denny JA: Ganjar dan Anies Kalah Dari Prabowo Siapapun Cawapresnya

Untuk diketahui, penyumbang inflasi terbesar berikutnya adalah tarif pulsa ponsel, biaya kuliah akademi atau perguruan tinggi, rokok kretek filter, dan daging sapi yang berkontribusi sebesar 0,01 persen.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close