BeritaHeadlineInternasionalNasionalPeristiwaPolitikUmum

Bos Apple Temui Prabowo di Kemenhan

BIMATA.ID, Jakarta- CEO Apple Tim Cook menemui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu (17/4) siang.

“Betul (pertemuan sedang berlangsung),” kata Kepala Biro Humas Setjen Kemhan, Brigjen Edwin Adrian Sumantha saat dikonfirmasi, Rabu (17/4).

BACA JUGA: Abdul Karim Aljufri, Dididik Oleh Prabowo, Menjadi Pendekar Politik

Belum ada penjelasan lebih lanjut soal agenda pertemuan Prabowo dan Cook siang ini. Namun, pertemuan Tim Cook dengan Prabowo ini digelar usai Cook bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Dalam pertemuan dengan Jokowi itu, Cook mengaku berbincang mengenai banyak hal. Salah satunya terkait keinginan Jokowi agar Apple membangun pabrik di Indonesia.

“Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk membangun manufaktur di negara ini [Indonesia],” kata Cook usai bertemu Jokowi di Istana.

“Dan itu adalah sesuatu yang akan kami pelajari,” sambungnya.

BACA JUGA: Gerindra Tanggapi Peluang PPP Gabung di Koalisi Pengusung Prabowo Gibran

Rumor mengenai pabrik Apple di Indonesia sebetulnya bukan barang baru. Pada 2016, Apple sempat berencana membangun pabrik di Tanah Air.

Namun, perusahaan teknologi multinasional itu urung memutuskan untuk membangun pabrik Apple di Indonesia.

Saat itu, Apple batal karena melihat Indonesia terlalu banyak tambang timah ilegal, sehingga kualitas timah berpotensi tak sesuai dengan standar perusahaan.

Dalam pertemuan tersebut Cook mengatakan mereka turut membicarakan peluang investasi Apple di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkap rencana Apple berinvestasi Rp1,6 triliun di dalam negeri. Jenis investasinya adalah membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy.

Saat ini sudah ada empat Apple Developer Academy di Indonesia, yakni di Batam, Surabaya, Tangerang Selatan, dan yang terbaru di Bali.

“Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia tidak terbatas. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini,” ujar dia.

BACA JUGA: SPIN : Prabowo Punya Kemampuan Selaraskan PDIP DAN KIM

Cook juga menyebut bahwa Indonesia merupakan “pasar yang sangat penting” buat produk Apple.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close