BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Pengamat Sebut Semua Persyaratan Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran Sudah Dipenuhi

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, mengatakan pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sudah memenuhi syarat untuk dinyatakan menang Pilpres 2024 satu putaran. Menurut Ujang, Prabowo sudah menang di 19 provinsi dan mencatatkan perolehan suara di atas 50 persen.

“Sudah kelihatan siapa yang menang yaitu Prabowo-Gibran. Saat ini semua aturan ketentuan terkait dengan satu putaran sudah terlampaui oleh Prabowo-Gibran,” kata Ujang, kepada Republika, Kamis (14/3/2024).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Hingga Prabowo Serahkan Zakat ke Baznas di Istana

Ujang melihat hasil rekapitulasi berjenjang yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai saat ini memperlihatkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan quick count atau hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga survei. Selain itu, real count yang terpampang di laman resmi KPU juga menunjukkan Prabowo-Gibran menang dengan perolehan suara di atas 50 persen.

“Sudah saatnya kita mengucapkan selamat datang Presiden dan Wakil Presiden baru. Bagi yang tidak puas atau tidak percaya, ada mekanismenya yakni mengadukan ke Mahkamah Konstitusi,” ucap Ujang.

Sejauh ini, KPU telah merekapitulasi dan menetapkan hasil Pilpres 2024 dari 19 provinsi. Di mana 19 provinsi tersebut semuanya dimenangkan Prabowo-Gibran. Yakni di DI Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Lampung, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta.

BACA JUGA: Istri Raffi Ahmad: Prabowo Sudah Seperti Ayah Bagi Kita Semua

Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Banten, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. KPU harus merampungkan rekapitulasi berjenjang ini paling lambat pada 20 Maret 2024 ini.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close