BeritaNasionalUmum

Komjen Fadil Sampaikan Pesan Penting di HUT ke-72 Korsabhara Baharkam Polri

BIMATA.ID DEPOK  – Korps Samapta Bhayangkara (Korsabhara) kini telah berusia ke-72 tahun. Upacara peringatan HUT Korsabhara Polri ke-72 dilaksanakan di Mako Korsabhara, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024).

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fafil Imran dalam kesempatan tersebut menjadi Inspektur Upacara. Kabaharkam menyebut Korsabhara harus senantiasa siap sedia untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Seluruh anggota Sabhara harus selalu menanamkan dalam hati untuk selalu siap sedia menjaga keamanan masyarakat. Hal ini diperkuat dengan dibentuknya patroli perintis presisi dan patroli kota presisi,” ujar Komjen Fadil dalam sambutannya.

Kabaharkam memberikan apresiasi atas tugas yang dilakukan Korsabhara selama ini. Dirinya juga mengingatkan akan luasnya tugas Sabhara sebagai garda terdepan kamtibmas, mulai dari preventif hingga represif terbatas.

“Mulai dari mencegah terjadinya kejahatan, menyelesaikan konflik, mengidentifikasi permasalahan, melindungi hak-hak yang yang dijamin oleh konstitusi, Turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli), TPTKP (tindakan pertama di tempat kejadian perkara), penegakan hukum terbatas, menciptakan dan menjaga rasa aman agar tidak menimbulkan korban baik manusia maupun harta benda,” jelasnya.

Korsabhara, kata Kabaharkam, memiliki fungsi SAR. Namun, fungsi tersebut tidak terlepas dari bantuan stakeholder terkait.

Selain itu, Korsabhara juga berperan dalam pengamanan objek vital. Hal itu didukung dengan bantuan Polisi Satwa.

“Tugas lain seperti pengamanan objek vital menjadi penting. Serta Sabhara juga didukung dengan Polisi Satwa untuk memback-up tugas-tugas kepolisian pada umumnya,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, jenderal bintang tiga ini turut mengucapkan selamat atas peringatan HUT Korsabhara yang bertepatan dan berlangsungnya ibadah puasa.

“Alhamdulillah pada hari ini kita atas rahmat dan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dapat melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahir Sabhara Polri ke-72 yang jatuh pada hari Senin tanggal 11 Maret 2024 bertepatan dengan masuknya bulan suci 1445 Hijriah sekaligus saya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi rekan-rekan yang menjalankan,” tutup Fadil.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close