BeritaNasionalPolitik

Kasad, Mutasi Mayor Teddy Ajudan Menhan Prabowo

BIMATA.ID JAKARTA Sosok Mayor Infanteri Teddy Indra Wijaya, Ajudan pribadi Menteri pertahanan RI Prabowo subianto yang dimutasi dan dipromosikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Berdasarkan Keputusan KSAD Nomor Kep. 137/II/2024 tanggal 26 Februari 2024, Teddy kini menjadi Wakil Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu Brigif Para Raider 17/Divif 1/Kostrad.

Rotasi ini dilakukan dalam rangka pembinaan karier perwira dengan tour of duty/tour of area.

Mayor Teddy, lulusan Akademi Militer tahun 2011, menggantikan Mayor Infanteri Ade Fian yang mendapat promosi sebagai Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Sops Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad.

Mayor Teddy akan resmi menempati posisi barunya setelah serah terima jabatan dengan pendahulunya. Sejak awal karier militernya, Teddy telah mengemban berbagai tugas, termasuk sebagai asisten ajudan Presiden Joko Widodo selama lima tahun.

Kemudian Teddy meneruskan tugasnya sebagai ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sejak tahun 2020.

Selama kurang lebih empat tahun, Mayor Teddy telah mendampingi Prabowo dalam berbagai kegiatan sebagai menteri, termasuk saat Prabowo berkampanye sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Sosok Teddy

Dikutip dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, Mayor Inf Teddy Indra Wijaya merupakan seorang perwira TNI.

Dia tercatat sebagai alumni dari SMA Taruna Nusantara, Magelang.

Selanjutnya Mayor Teddy menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil). Ia lulus pada 2011.

Pada tahun 2014 hingga 2019, ia dipercaya mengemban tugas sebagai asisten ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mayor Teddy menjadi asisten ajudan Presiden Jokowi saat masih berpangkat Letnan Satu (Lettu).

Selanjutnya, Mayor Teddy melanjutkan pendidikan militernya di US Army Infantry School di Fort Benning, Amerika Serikat (AS) dan mengambil program Ranger School.

Ia meraih tab ranger ketika mengikuti pendidikan militer ini. Itu artinya, dia menjadi salah satu perwira TNI AD yang berhasil meraih kualifikasi pasukan elite Angkatan Darat AS (US Army).

Untuk diketahui, Ranger School merupakan program sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat AS untuk menghasilkan lulusan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75.

Pendidikan itu diikuti oleh tentara yang telah terpilih paling fit, baik secara fisik dan mental. Untuk persentase kelulusan sekolah selama ini, berkisar 20-25% dari seluruh jumlah siswa pada periode pendidikan tersebut.

Di Indonesia, baru segelintir tentara yang mampu mendapatkan Tab Ranger.

Mereka yakni Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, Letjen TNI (Purn) Hotmangaraja Panjaitan, Letjen TNI (Purn) Nugroho Widyatomo, dan Letjen TNI (Purn) Syaiful Rizal.

Teddy kemudian menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, AS, pada November 2019.

Teddy juga meraih predikat International Honor Graduate di antara 185 perwira siswa (171 perwira Amerika dan 14 perwira asing).

Selain itu, dia juga memeroleh Commandant List Award (20% teratas bidang Akademik) dan Gold APFT (Army Physical Fitness Test dengan nilai sempurna 100%).

Kemudian pada tahun 2020, Teddy mengemban tugas sebagai ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close