BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegionalUmum

AMIN Kalah dari Prabowo-Gibran di Jakarta, Mardani Ali: Catatan Buat PKS Harus Lebarkan Basis

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera merespons kekalahan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dari pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di DKI Jakarta berdasarkan rekapitulasi perolehan suara KPU RI.

Menurut Mardani, warga Ibu Kota boleh menentukan pilihan politiknya. Namun di sisi lain, kekalahan AMIN menjadi catatan PKS untuk semakin memperluas basis dukungan.

BACA JUGA: Gerindra: Ucapan Selamat dari Joe Biden ke Prabowo Pengakuan Pemilu Sukses

“Buat saya itu hak masyarakat, masyarakat boleh memilih siapa pun tapi itu menjadi catatan buat PKS kita harus melebarkan basis Jakarta Barat, Jakarta Utara gitu,” kata Mardani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Jumat (15/3/2024).

Mardani melihat ada pola yang sama perolehan suara antara PKS dan AMIN di Jakarta.

“PKS dan 01 menang di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur. PKS tidak menang di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kepulauan Seribu sama 01 juga tidak menang, di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kepulauan Seribu,” ujad Mardani.

“Jadi memang kemudian kemenangan di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat tipis. Yang kalahnya tebal, jadi kalau enggak salah 50 ribuan,” lanjutnya.

Untuk diketahui, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai pasangan calon dengan perolehan suara tertinggi di DKI Jakarta.

BACA JUGA: TKN Prabowo-Gibran Siapkan 36 Pengacara untuk Bertarung di MK, Mahfud: Kita Juga Sudah Siapkan

Hal tersebut ditetapkan KPU RI melalui rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara nasional, Selasa (12/3/2024).

Penetapan itu dilakukan KPU setelah mencocokkan penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden dengan jumlah pemilih yang hadir ke TPS serta jumlah suara sah dan tidak sah yakni 6.558.734 lembar.

“Untuk Provinsi DKI Jakarta, dapat diterima ya, bismillah sah,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asyari di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/3/2024).

Menurut laporan dari Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Dinata, perolehan suara capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Cak Imin yakni sebesar 2.653.762 suara, Prabowo-Gibran sebanyak 2.692.011 suara, dan capes-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud 1.115.138 suara.

BACA JUGA: Rekapitulasi Suara Nasional: Prabowo-Gibran Unggul di 24 Provinsi

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close