BeritaRegional

Provinsi Bengkulu Pecahkan Rekor MURI Dalam Memberi Literasi Pemilih Pemula Terbanyak

BIMATA.ID, Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, Provinsi Bengkulu memecahkan rekor MURI dalam memberi literasi pemilih pemula terbanyak di Indonesia terkait memahami pentingnya memilih dan menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan Pemilu Serentak 2024.

“Rekor MURI itu pencapaian peserta terbanyak untuk mengedukasi pemilih pemula, lebih dari 15.000 peserta pemilih pemula dan ini baru pertama kali, maka rekor MURI mencatat itu sebagai sebuah capaian yang luar biasa,” kata Rohidin, dikutip dari antaranews, Jumat (13/10/2023).

Dia menjelaskan, program Gebyar Literasi Nusantara 2023 yang mengedukasi pemilih pemula tersebut terselenggara bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Pusat dan KPID Bengkulu serta Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Ini diprakarsai oleh KPI Pusat dan KPID Bengkulu terkait dengan literasi media bagaimana meningkatkan pemahaman masyarakat untuk menyambut pemilu yang akan dilaksanakan di 2024 mendatang, memang titik lokus-nya ini pada pemilih pemula,” jelasnya.

Baca Juga : Jokowi Akui Sudah Lama Tak Bertemu Gibran, Meski Disebut Bakal Menjadi Cawapres Prabowo

Bengkulu pun mengerahkan seluruh pelajar SMA dan sebagian pelajar tingkat SMP dalam kegiatan Gebyar Literasi Nusantara 2023 tersebut.

Kegiatan itu diharapkan dapat membuka wawasan pemilih pemula tentang pentingnya menggunakan hak pilih dan juga tentang bahayanya hoaks, mis-informasi maupun dis-informasi terutama dalam penyelenggaraan pemilu.

“Makanya (Bengkulu) menggelar literasi bagi pemilih pemula, agar mereka juga terlihat menyukseskan pemilu dengan partisipasi yang tinggi. Jumlah pemilih pemula di Provinsi Bengkulu ini proporsi-nya tinggi,” ucapnya.

Direktur Marketing MURI Awan Raharjo menyampaikan penghargaan rekor MURI untuk literasi pemilih pemula dengan jumlah peserta terbanyak tersebut menjadi bentuk apresiasi MURI atas upaya KPI dan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan pemahaman pemilihan pemula terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Ini memecahkan rekor dengan peserta terbanyak, pemilih pemula terbanyak untuk kegiatan literasi yang pernah diadakan di Indonesia,” pungkasnya.

Simak Juga : Njong Ambon Dukung Gibran Dampingi Prabowo pada Pemilu 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close