BeritaPerikananRegional

KKP Bangun SPBU Nelayan di Kalaju

BIMATA.ID, Biak – Kepala Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Numor Effendi mengatakan, KKP melengkapi fasilitas pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kampung Nelayan Maju (Kalaju) Samber-Binyeri Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

“SPBU khusus nelayan di Kalaju Samber-Binyeri akan menyuplai kebutuhan BBM untuk keperluan operasional perahu motor nelayan orang asli Papua di daerah setempat,” kata Numor, dikutip dari antaranews, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga : Hercules Bakal Kerahkan 1 Juta Anggota Untuk Dukung Prabowo Presiden

Diakui Effendi, untuk operasional SPBU Kalaju Samber-Binyeri sesuai rencana dijadwalkan untuk diresmikan pada November 2023 bersamaan dengan kegiatan puncak pelaksanaan STC Biak.

Dirinya menerangkan, untuk kapasitas SPBU Kalaju di Samber-Binyeri, menurut Effendi, sesuai dengan kebutuhan nelayan setempat mencapai sebanyak 100 ton/bulan atau 3,5 ton/hari.

“Hadirnya SPBU nelayan di Kalaju Samber-Binyeri dalam upaya untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat nelayan di daerah itu,” terangnya.

Dirinya berharap, setelah operasional Kalaju Samber-Binyeri, Kabupaten Biak Numfor akan meningkatkan hasil usaha penangkapan ikan dari nelayan dalam upaya untuk memenuhi permintaan kebutuhan pasar.

Disebutkan Effendi penyiapan Kalaju Samber-Binyeri Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor sebagai kampung nelayan akan terintegrasi dari berbagai sektor.

Simak Juga : Soal Cawapres, Prabowo Subianto: Ojo Kesusu, Ojo Grusa Grusu

Effendi menerangkan, keberadaan Kalaju Samber-Binyeri ke depaN diharapkan dapat menjadi pusat penggerak perekonomian keluarga nelayan orang asli Papua.

“Keberadaan Kalaju Samber-Binyeri diharapkan juga dapat menciptakan nelayan putra asli Papua yang tangguh dan berdaya saing,” terangnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close