BeritaPolitik

PAN Respons Positif Koalisi Poros Ketiga di Pilpres 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) merespons positif ajakan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membangun koalisi poros ketiga di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Disebut, PAN dan PPP memiliki kesamaan tidak dapat mengusung pasangan calon Presiden (Capres) sendiri karena ambang batas presidensial.

“PAN menyambut baik wacana Ketua DPP PPP, Ahmad Baidowi alias Mas Awiek untuk membuka peluang koalisi di Pilpres 2024. Karena, antara PAN dan PPP adalah partai politik yang memiliki kesamaan tidak dapat mengusung pasangan calon di Pilpres sesuai persyaratan presidential threshold 20% kursi DPR dan 25% suara sah nasional,” ungkap Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN), Viva Yoga Mauladi, Jumat (15/10/2021).

“PAN dan PPP harus berkoalisi dengan parpol lain,” sambungnya.

Viva menerangkan, pernyataan nonformal yang disampaikan Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, perlu disambut dengan membuka komunikasi antar dua belah pihak untuk menyamakan visi dan persepsi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Meski hanya wacana, atau ngomong-ngomong nonformal, perlu juga seluruh pimpinan partai politik mulai membuka komunikasi intensif untuk menyamakan visi dan persepsi untuk desain Pilpres 2024,” terangnya.

Menyamakan persepsi antar partai diperlukan dalam rangka memilih calon pemimpin nasional. PAN ingin Capres atau Cawapres yang diusung dipandu landasan moral politik.

“PAN menginginkan bahwa proses kemunculan bakal Capres atau Cawapres dipandu oleh landasan moral politik dan dalam kerangka proses pendidikan politik masyarakat. Karena rakyatlah sebagai pemegang kedaulatan negara,” pungkasnya.

Sementara itu, PAN telah memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, untuk mengambil langkah strategis proses pencalonan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024.

“Sikap PAN, sesuai dengan hasil Rakernas II PAN pada tanggal 31 Agustus 2021: Bahwa Rakernas memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam proses pencalonan Capres atau Cawapres di Pemilu 2024,” kata Viva.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close