BeritaNasionalRegionalTravelUmum

Rano Karno Tekan Kemenparekraf Tangkal Berita Wisatawan Asing yang Berbuat Tidak Senonoh

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rano Karno menekan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk berupaya menepis pemberitaan-pemberitaan negatif yang terjadi akibat kelakuan wisatawan asing nakal.Sebab dirinya khawatir hal tersebut dapat menghancurkan kepariwisataan Indonesia.

Hal ini disampaikan Rano Karno saat dalam Rapat Kerja Komisi X dengan Menparekraf/ Kepala Barekraf RI di Gedung Nusantara I, Jakarta, beberapa waktu lalu. Dan hal itu merupakan menanggapi dari kasus wisatawan asing nakal yang akhir-akhir ini sering terjadi terutama di daerah pariwisata Bali.

Rano Karno menyampaikan dirinya banyak menyimak berbagai pemberitaan di media tentang maraknya wisatawan nakal.

“Tentu sebagai orang media, kita memantau. Apalagi yang dipantau ini bidang yang kita kuasai yaitu tourism. Belakang ini di media sosial terutama, banyak sekali kegiatan tourism, para tourism ini melakukan bad news,” kata Rano Karno, dikutip dari website resmi DPR RI, Jumat (02/06/2023).

Baca Juga : Pemuda Indonesia di Qatar Antusias Sambut Prabowo, Bergantian Jabat Tangan

Dirinya berharap, kalau tindakan itu mudah-mudahan hanya tindakan pribadi para wisatawan asing yang nakal tersebut.

Rano Karno khawatir maraknya berita di media terkait perilaku kurang baik akan berdampak sangat buruk bagi bidang pariwisata di Indonesia.

“Jadi, saya cuman berpikir, mudah-mudahan ini hanya tindakan pribadi ya. Tapi yang saya khawatirkan kalau ini sebuah tindakan organize. Nah ini impactnya sangat luar biasa di tengah persaingan. Jadi saya ingin mengingatkan kita agar minimal kementerian ada statement untuk mengcounter berita-berita seperti itu,” ucapnya.

Selain itu, Menparekraf Sandiaga Uno pun menyatakan, bahwa ia akan mendalami usulan tersebut karena memang persoalan ini perlu untuk diantisipasi. Dirinya juga menegaskan, sudah menerima video terkait wisatawan asing nakal tersebut.

Simak Juga : Prabowo Nonton Pertandingan Persahabatan Tim U-17 Persib vs Anak Muda Indonesia di Aspire Academy Qatar

“Dan Kemenparekraf juga akan memastikan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan baik do and don’ts bukan hanya di Bali namun juga pariwisata lain,” ujar Menteri Sandiaga

Diketahui, baru-baru ini dunia jagat maya dihebohkan dengan pemberitaan adanya video terkait warga negara asing wanita asal Jerman yang melakukan tindakan tidak pantas seperti bertelanjang di sebuah pertunjukan tarian di Pura Saraswati Ubud, Gianyar, Bali. Karena itu, ia itu meminta Kemenparekraf untuk lebih responsif dalam menindak lanjuti pemberitaan negatif ini. Jika perlu membuat satu tim deputi khusus.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close