BeritaRegionalUMKM

Pemkot Pekalongan Inisiasi Pelatihan Mengemas Produk UMKM

BIMATA.ID, PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Pemkot Jateng) menginisiasi pelatihan tentang pengemasan, dan sertifikasi halal produk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tampilannya berkualitas, dan lebih baik.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan, Budiyanto mengatakan, bahwa menarik dan tidaknya suatu produk dapat dilihat dari kemasan atau tampilan pertama (packaging).

“Demikian pula, kami menekankan pentingnya sertifikasi halal pada produk usaha mikro kecil dan menengah,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan, Budiyanto di Pekalongan, Jumat (23/06/2023).

Baca juga: Prabowo Nyatakan Tekad Berjuang untuk Rakyat di Hadapan Ribuan Relawan Konco Prabowo

Menurutnya, sertifikasi halal itu ada dua hal yaitu melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat- obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), serta Kementerian Agama (Kemenag).

Kemudian, dengan adanya sertifikat produk halal dari Kemenag sedang LPPOM MUI perlu dilakukan uji laboratorium untuk produk yang mengandung daging atau bahan kimia.

“Oleh karena itu, kami akan ikut membina dan melakukan pengawasan. Dengan pengemasan produk yang lebih baik tentunya akan meningkatkan nilai jual produk,” jelasnya.

Lihat juga: Prabowo Hadiri Paris Air Show 2023, Pameran Kedirgantaraan Terbesar di Dunia

Mengenai hal itu, Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin mengatakan pengemasan produk yang bagus tentunya akan lebih menarik dan mampu menaikkan harga makanan maupun minuman berkali lipat.

Kemudian, pengemasan produk kopi dalam plastik bening polos, kata dia, maka akan kalah menarik dibanding yang dikemas dengan kemasan yang lebih menarik.

“Kami memiliki 23.650 UMKM. Akan tetapi, ribuan UMKM itu tidak mungkin semua sudah tersertifikasi. Kami berharap pelaku usaha UMKM berkomitmen untuk mengurus sertifikasi halal dan pengemasan produk yang menarik dan ramah lingkungan,” ucap Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin.

Simak juga: IKSPI Kera Sakti: Prabowo Selalu Rangkul Semua Insan Perguruan Pencak Silat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close