BeritaNasional

Jokowi Putuskan Kepastian Haji Bulan Depan?

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto, mengatakan kepastian mengenai penyelenggaraan haji Indonesia 2020 diputuskan awal Juni. Keputusan akan dibuat oleh Presiden Joko Widodo.

“Ibadah haji sebenarnya waktu raker kemarin sepakat akan rapat di 24 Mei, tapi setelah saya berkomunikasi dengan Kemenag, Pak Menteri dan Pak Sekjen, oh Pak Jokowi itu mengarahkan keputusan batal atau tidaknya tahun ini di awal Juni,” ujar Yandri, dikutip dari Merdeka.com.

Yandri berharap pada awal Juni sudah ada keputusan terkait haji. ” Harapan kita, ibadah haji bisa berjalan baik, normal,” kata dia.

Meski begitu, Yandri mengatakan Indonesia tetap menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi terkait haji 2020. Saat ini, status Indonesia masih menunggu keputusan Saudi.

“Jadi kenapa kita tidak melaksanakan rapat sebelum lebaran kemarin, karena saya sudah berkomunikasi dengan Menag dan Sekjen Kemenag. Hasil komunikasi pemerintah RI dan Arab, belum ada keputusan dari Saudi Arabia,” kata dia.

Dia pun sangat berharap Saudi dapat segera mengeluarkan keputusan. Sebab, keputusan yang diambil akan berpengaruh pada proses penyiapan ibadah haji oleh negara pengirim jemaah seperti Indonesia.

” Karena kalau terlalu mepet tidak mungkin melaksanakan pemberangkatan,” kata dia.

Lebih lanjut, Yandri mengatakan ibadah haji tidak hanya berkaitan dengan satu dua orang melainkan ratusan ribu jemaah. Termasuk sola perawat, hotel, catering, sehingga persiapan mendadak tidak mungkin dilakukan.

“Oleh karena itu, kami minta pemerintah Arab Saudi memberikan kepastian, bisa atau tidak. Jangan sampai nanti, ketika kita sudah mepet, ternyata membolehkan, kita bisa disalahkan umat, kenapa tidak berangkat,” ucap Yandri.

Editor : FID

Sumber Dream.co.id

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close