BeritaEkonomiEnergiNasionalOtomotifPeristiwaUmum

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 350 Miliar untuk Subsidi 50.000 Motor Listrik

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp 350 miliar untuk keberlanjutan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua pada 2024. Agus mengatakan, anggaran tersebut akan diberikan untuk kuota subsidi 50.000 unit motor listrik.

“Kita ada sekitar Rp 350 miliar untuk kelanjutan bantuan pemerintah pembelian EV roda dua. Roda dua saja. Roda empat belum dibahas. Sekitar 50.000 unit motor listrik roda dua,” kata Agus usai rapat dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

BACA JUGA: Terima Kunjungan Gus Kautsar di Kemhan, Prabowo: Sudah Pernah ke Sini Belum?

Agus mengatakan, meski kuota subsidi motor listrik tahun 2024 lebih sedikit dibandingkan tahun ini, pemerintah tetap konsisten melakukan transisi motor berbasis fosil menjadi motor listrik berbasis baterai. Selain itu, ia mengatakan, pemerintah terus berupaya mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

“Jadi anggaran itu sangat relatif bisa saja dalam perjalanannya dinaikin lagi bisa saja, tapi untuk pagu indikatif sudah fix bahwa bantuan pemerintah untuk motor roda dua itu bantuannya sekitar Rp 350 miliar akan mencakup 50.000 unit motor listrik roda dua,” ujarnya.

BACA JUGA: Disambut Relawan Konco Prabowo, ‘Prabowo RI1 2024!’ Menggema di Trowulan

Lebih lanjut, Agus menekankan, saat ini, pemerintah terus melakukan sosialiasi terkait motor listrik agar manfaat penggunaan motor listrik dapat dipahami masyarakat.

“Yang terpenting di sini adalah kita mengubah mindset kultur dari masalah di Indonesia pentingnya melakukan transformasi ke kendaraan listrik,” ucap dia.

BACA JUGA: Sapa Ribuan Relawan di Trowulan, Prabowo Disambut Gemuruh

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close