Berita

Jembatan Penghubung Antara Tasikmalaya dan Garut Roboh

BIMATA.ID, Garut – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Irwan mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan Sungai Cikaengan meluap dan merobohkan jembatan gantung Merah Putih di Desa Campakasari, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya dan Desa Simpang, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Jembatan gantung Merah Putih sepanjang 80 meter berada di atas Sungai Cikaengan baru dibangun pada 2021 menggunakan bantuan Relawan HII Jabar termasuk anggaran Dana Desa (DD) dari Pemerintah Desa Campakasari, tetapi sampai sekarang ini tidak bisa dilalui. Kejadian tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa tapi perekonomian masyarakat lumpuh,” katanya, Jumat (23/09/2022).

Pihaknya menyatakan, debit air yang deras menyebabkan bagian penyangga yang berada di Desa Simpang, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut tergerus longsor (abrasi) terjadi sejak sore sekitar pukul 14.00 WIB.

“Konstruksi (beton) yang dibangun selama itu terbawa arus sungai Cikaengan dan terpaksa semua warga harus mencari jalan alternatif lain melalui sawah dan perkampungan tapi sekarang ini kecamatan dan desa masih bermusyawarah,” ucapnya.

Saat ini BPBD tengah berupaya agar aktivitas masyarakat bisa berjalan secara normal.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close