BeritaNasionalPolitik

Media Asing Sebut Presiden Jokowi Dukung Prabowo Ketimbang Ganjar, Gerindra: Sudah Punya Chemistry Sejak Lama

BIMATA.ID, Jakarta – Pemberitaan media asing soal kecenderungan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mendukung Prabowo Subianto ketimbang Ganjar Pranowo diamini Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Apalagi, status Prabowo di kepartaian sebagai Ketua Umum. Sementara, Ganjar hanya sebagai petugas partai, dalam hal ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Fadli Zon saat merespons pemberitaan The Straits Times Singapura perihal kecenderungan Presiden Jokowi dukung Prabowo dibanding Ganjar.

Baca juga: Salat Idul Adha di Desa Mandalamukti, Prabowo Diserbu Emak-emak

“Menurut saya, The Straits Times itu berdasarkan fakta yang memang sangat jelas ya. Bahwa, Pak Prabowo itu adalah ketua umum partai. Sehingga, beliau bisa langsung berhubungan dengan Pak Jokowi,” ucapnya, Jumat (30/06/2023).

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ini menyampaikan, kedekatan Presiden Jokowi dengan Prabowo sudah terbangun sejak lama.

“Sudah punya chemistry sejak lama sebenarnya,” tukas Fadli Zon.

Lihat juga: Lewat Das’ad Latif, Prabowo Kurban 1 Ekor Sapi di Masjid Al Markaz Makassar

Bahkan, hubungan baik tersebut sudah terjalin sejak Prabowo ikut mencalonkan Presiden Jokowi sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Walaupun pernah menjadi kompetitor dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dan 2019, akan tetapi hubungan keduanya masih terjaga.

“Malah mereka saling menghargai, saling menghormati. Terbukti ketika Pak Prabowo jadi Menteri Pertahanan, mencairkan suasana dan iklim politik kita semakin kondusif ya,” ungkap legislator asal daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Barat (Jabar) V ini.

Untuk diketahui, media asal Singapura, The Straits Times mengutip pernyataan pengamat politik, Djayadi Hanan yang menganalisa kecenderungan dukungan Presiden Jokowi ke Prabowo.

Simak juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Prabowo Subianto Akuisisi 13 Radar Ground Control Interception

Disebutkan, dukungan Presiden Jokowi itu tidak lepas dari status Prabowo sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerindra. Sedangkan, Ganjar hanya kader PDIP biasa.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close