Bola

GBK Kalahkan Bernabeu, Stadion ke 8 Terbesar di Dunia

BIMATA.ID, Jakarta – Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam jajaran 10 stadion terbaik di dunia.

Dalam unggahan The Sun di Instagram, Stadion Utama GBK masuk ke urutan ke delapan arena terbaik di dunia. Daftar itu dibuat oleh situs Ticketgum dengan beberapa alasan yang menyertainya.

Ticketgum menetapkan sejumlah variabel untuk menentukan pemeringkatan stadion di seluruh dunia. Total ada 140 stadion yang mereka nilai.

Variabel tersebut adalah kapasitas tempat duduk, rata-rata gol tercipta, rata-rata suporter per bulan, review di Google, pencarian global terhadap stadion, dan jumlah atensi yang didapat di media sosial.

Dari variabel-variabel tersebut, kemudian didapat hasil bahwa Gelora Bung Karno masuk dalam jajaran 10 besar Stadion Terbaik Dunia. GBK ada di peringkat ke delapan dengan total indeks skor sebesar 72,52.

GBK disebut layak menjadi stadion terbaik di Asia. Arena berkapasitas 77.193 kursi itu menjadi stadion dengan rating Google tertinggi yakni 4,8.

Di satu sisi GBK dianggap memiliki tingkat keterisian kursi yang rendah hanya ada di angka 51,38 persen dari rata-rata penonton dengan jumlah kursi yang tersedia.

Selain itu, tingkat engagement di media sosial juga disebut tak begitu tinggi dengan 9.536 hashtag sedangkan Old Trafford punya 1,3 juta hashtag di media sosial.

Meski begitu, GBK unggul dari stadion kebanggaan Real Madrid, Santiago Bernabeu. Santiago bernabeu hanya berada di peringkat ke sembilan dengan indeks skor 71,91.

Stadion yang menempati posisi tertinggi dalam penilaian Ticketgum adalah Mineirao, markas Cruzeiro. Stadion berkapasitas 61.846 penonton itu punya indeks skor di angka 83,40.

Stadion-stadion terkenal lain yang masuk dalam daftar 10 besar adalah Celtic Park, Wembley, Estadio Azreca, dan Old Trafford. Menariknya, ada dua nama stadion di Amerika Serikat yang masuk 10 besar yaitu MetLife Stadium dan Gillette Stadium di posisi ke empat dan ke-10.

Di luar kebanggaan soal Stadion GBK masuk jajaran stadion terbaik dunia, sebagian warganet membandingkan GBK dengan Jakarta International Stadium (JIS).

“Stadion Kebanggaan ‘JIS’ pie??? Pasti ada Titipan utk ‘The Sun'”.

“Laaaah JIS mana? Gak ada??”

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close