BeritaPeristiwaRegional

KPK Gelar Bimtek Indikator Desa Anti Korupsi di Desa Rembul

BIMATA.ID, TEGAL – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) gelar kegiatan Bimtek terkait Indikator Desa Anti Korupsi, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Balai Desa Rembul, Kecamatan Bojong.

Diketahui, kegiatan bimtek ini juga turut diikuti oleh Kepala Desa, segenap Perangkat Desa, Ketua RT/RW, PKK, LKMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita dan Tokoh Agama se desa Rembul, pada selasa (09/05/2023).

Bimtek sehari bertujuan untuk menyampaikan nilai-nilai anti korupsi berdasarkan Undang – Undang (UU) terdapat 18 indikator penilaian Desa Anti Korupsi yang terdiri dari 5 komponen yaitu Penguatan Tata Laksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Kualitas Pelayanan Publik, Penguatan Partisipasi Masyarakat, dan Kearifan Lokal.

Baca juga: Persembahkan Medali Emas di Kamboja, Mantan Aspri Prabowo, Apresiasi Prestasi Atlet Kun Bokator

Dalam acara tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Widodo Joko Mulyono berharap kegiatan yang bersifat masif ini dapat menjadi trigger tidak hanya bagi aparatur desa yang menjalankan sistem pemerintahan. Hingga, bagi seluruh elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuda, dan kaum perempuan.

“Desa adalah ujung tombak dalam sistem pemerintahan di Indonesia. Desa Anti Korupsi dibentuk untuk mendorong peran masyarakat dalam pemberantasan korupsi, dimulai dari sebuah desa harapannya akan terwujud negara Indonesia bebas korupsi. Jika sebuah desa sudah antikorupsi, maka dengan sendirinya diharapkan tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi dan negara Indonesia dengan sendirinya akan mengikuti,” kata Sekda Widodo Joko Mulyono dalam sambutannya.

Untuk diketahui, program ini merupakan kerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Konsultan dan Asosiasi Perangkat Desa (Apdesi).

Lihat juga: Survei SPIN: Prabowo Menteri dengan Kinerja Paling Konkret, Elektabilitas Meningkat

Maka dari itu, pihaknya berharap agar masyarakat ikut terlibat aktif dan berperan serta mewujudkan Desa Rembul menjadi Desa Anti Korupsi .

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close