BeritaNasionalOpiniPolitikUmum

Survei SPIN: Prabowo Menteri dengan Kinerja Paling Konkret, Elektabilitas Meningkat

BIMATA.ID JAKARTA  – Sebanyak 16,8% publik menilai Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto sebagai menteri yang paling konkret kerjanya saat ini, di antara jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya. Ini adalah angka tertinggi dibandingkan semua kementerian.

Demikian hasil survei nasional yang dirilis oleh Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPRIN) tentang “Kepemimpinan Nasional 2024, Elektabilitas Capres 2024″, Senin (8/5).

“Publik menilai atau 16,8% menyebutkan Menteri/Kementerian Pertahananlah yang paling nyata/konkret kerjanya saat ini. Disusul Menteri/Kementerian Sosial 14,2% dan Menkopolhukham 8,2%,” ungkap Igor Dirgantara Direktur SPIN.

Survei ini juga memotret kinerja konkret Prabowo di pemerintahan yang berdampak positif bagi elektabilitasnya. “Ada beberapa indikator yang dapat menjadi alasan mengapa terjadi kenaikan elektabilitas terhadap Prabowo. Pertama, kinerjanya sebagai menteri dan minim pencitraan. Kinerja Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan pada Kabinet Indonesia Maju mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat,” tambah Igor.

Selain berdampak positif bagi elektabilitasnya, kinerja baik Prabowo juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempertahankan sentimen positif terhadap capaian pemerintah Jokowi saat ini. “Hal ini memunculkan optimisme bahwa Prabowo adalah figur yang paling tepat untuk meneruskan dan mengakselerasi program pembangunan pemerintah Jokowi _(contuinity)_,” lanjut Igor.

Pada survei kali ini, SPIN juga meminta publik untuk menyebutkan kesannya terhadap Prabowo, di mana mayoritas responden menilai bahwa Prabowo merupakan sosok yang tegas, bertanggung jawab, dan merakyat. “Sebanyak 17,9% publik memberikan kesan kepada Prabowo sebagai sosok yang tegas dan bertanggung jawab. Sementara ada 16,1% memberikan kesan populis/merakyat terhadap Prabowo,” jelasnya.

Selanjutnya 7,6% menilai sosok Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra ini sebagai sosok yang berjiwa besar, 6,8% responden menilai Prabowo sebagai sosok yang ikhlas, 6,1% patriotis, dan 5,7% mengesankan Prabowo sebagai sosok yang banyak mensukseskan orang lain dan kesan lainnya. “Ingatan publik masih kuat bahwa Prabowo pernah mengusung Jokowi menjadi gubernur demikian juga dengan Anies,” pungkas Igor.

(Red)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close