BeritaNasionalPeristiwaUmum

Inilah Jadwal Lebaran Haji 2023 Menurut Pemerintah dan Muhammadiyah

BIMATA.ID, Jakarta- Lebaran Haji 2023 penting diketahui umat muslim yang akan melaksanakan sholat ied, apalagi yang ingin menyembelih hewan kurban. Nah berikut ini jadwal Lebaran Haji 2023 di Indonesia menurut pemerintah dan Muhammadiyah.

Dilansir dari laman Kementerian Agama, Lebaran Haji dilaksanakan umat Islam dari seluruh dunia di tanah suci, Mekkah. Pelaksanaan Lebaran Haji yang jatuh pada 10 Dzulhijjah bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha di Indonesia.

BACA JUGA: Elite ke Ganjar, tapi Akar Rumput PPP Lebih Banyak Pilih Prabowo

Namun sehari sebelum Lebaran Haji, jemaah haji melaksanakan wukuf atau berdiam diri di Padang Arafah pada 9 Dzulhijjah. Mereka berkumpul di Padang Arafah untuk berdoa dan berzikir hingga matahari terbenam. Sementara bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji di tanah suci, disunnahkan untuk berpuasa Arafah.

Hari Raya Idul Fitri juga kerap disebut Lebaran Kurban. Pasalnya pada hari itu, umat muslim juga dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban. Menyembelih hewan kurban hukumnya adalah sunnah muakkadah bagi umat Islam yang sudah baligh, berakal, dan mampu.

Nah kapankah pelaksanaan Lebaran Haji 2023? Simak berikut jadwalnya menurut pemerintah dan Muhammadiyah.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Fasilitasi Kesembuhan ODGJ, Ajak Pemdes Inventarisasi Keberadaan ODGJ

Lalu, Kapan Lebaran Haji 2023 Menurut Pemerintah?

Lebaran Haji 2023 menurut pemerintah disebutkan dalam SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. Idul Adha 2023 atau Lebaran Haji 2023 berdasarkan SKB 3 Menteri jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023.

Kendati demikian, penetapan resmi Idul Adha 2023 harus menunggu hasil sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Sidang isbat untuk penetapan 1 Dzulhijjah atau Lebaran Haji 2023 (10 Dzulhijjah) akan dilakukan pada akhir bulan Zulkaidah.

BACA JUGA: Kesan Prabowo Tentang Habib Munzir: Bak Oase Yang Tenang di Padang Pasir

Sedangkan, Lebaran Haji 2023 Menurut Muhammadiyah?

Lebaran Haji 2023 menurut Muhammadiyah juga telah ditetapkan melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah.

Menurut Maklumat Muhammadiyah, Lebaran Haji 2023 atau Idul Adha 2023 jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Penetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjiah dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

BACA JUGA: Ibu Ahmad Dhani Doakan Prabowo Jadi Presiden 2024 saat Konser Ulang Tahun Anaknya

“Pimpinan Muhammadiyah menetapkan Idul Adha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu Kliwon, 28 Juni 2023 M,” demikian maklumatnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close