BeritaNasionalPeristiwa

Anak BUMN Merehabilitasi Ekosistem Terumbu Karang di Bontang

BIMATA.ID, Jakarta – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) merehabilitasi ekosistem terumbu karang di perairan Bontang seluas 20 hektar (ha).

Diketahui, Pupuk Kaltim bekerja sama dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University menggelar Pelatihan Rehabilitasi Ekosistem Terumbu Karang bagi anggota kelompok binaan pada 9 -11 Mei 2023.

VP TJSL Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi, mengatakan, pelatihan ini sebagai kesinambungan program Konservasi Taman Laut dan Sarana Media Terumbu Buatan (Kilau Samudera), melalui peningkatan kapasitas kelompok binaan Pupuk Kaltim dalam aktivitas rehabilitasi ekosistem terumbu karang di perairan Bontang.

Baca juga: Demokrat Ungkap, SBY dan Prabowo Akan Bertemu

Khususnya kawasan Tobok Batang, yang merupakan area konservasi Pupuk Kaltim dengan luasan mencapai 20 Hektare (Ha).

“Salah satu upaya dilakukan dengan rehabilitas ekosistem terumbu seperti yang selama ini dijalankan Pupuk Kaltim, serta pembuatan taman laut (sea garden) untuk lokasi bibit karang untuk kegiatan rehabilitasi,”ucap VP TJSL Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi dalam keterangan tertulis, Rabu (10/05/2023).

Oleh karena itu, Sugeng berharap anggota kelompok binaan Kimasea, dan Karaka mampu meningkatkan kapasitas serta kapabilitas terkait upaya rehabilitasi terumbu melalui metode transplantasi.

Lihat juga: Persembahkan Medali Emas di Kamboja, Mantan Aspri Prabowo, Apresiasi Prestasi Atlet Kun Bokator

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close